Kompas TV nasional peristiwa

Besok, PDIP Gelar Demo Masak Tanpa Minyak Goreng, Bakal Dibuka Langsung oleh Megawati

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 18:09 WIB
besok-pdip-gelar-demo-masak-tanpa-minyak-goreng-bakal-dibuka-langsung-oleh-megawati
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri bakal membuka demo masak yang digagas partainya, besok, Senin (28/3/2022). (Sumber: KOMPAS/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar demo masak tanpa menggunakan bahan minyak goreng.

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menyebut acara tersebut bakal diselenggarakan di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Senin (28/3/2022) siang.

Kegiatan masak tanpa minyak goreng ini, lanjut Hasto akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami juga akan pamerkan khasanah lokal, bagaimana membuat migor (minyak goreng) dari kelapa," kata Hasto di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (27/3/2022). 

"Jadi besok di DPP Lenteng Agung di Sekolah Partai dibuka Bu Mega jam 13.30," lanjut keterangannya.

Hasto juga menuturkan dalam acara tersebut, partainya bakal mengundang chef ternama yang akan menunjukkan kemampuannya dalam memasak makanan tanpa digoreng.

"Besok kami mengadakan dan hadirkan chef terkenal, bagaimana diversifikasi pangan tanpa gorengan. Jadi ada yang direbus, dan dikukus," jelasnya. 

Lebih lanjut dia menuturkan, demonstrasi masak ini juga berkaitan dengan pernyataan Megawati soal minyak goreng, di mana Presiden RI ke-5 ini menuturkan ada cara lain untuk mengonsumsi makanan selain dengan menggoreng, yakni dengan cara merebus atau mengukus yang lebih menyehatkan bagi tubuh.

Baca Juga: Megawati Ketika Lihat Ibu-Ibu Antre Minyak Goreng: Kalau Saya Disuruh Gitu Sama Suami, Emoh Aku

Hasto menyebut, pernyataan Ketum PDIP ini benar adanya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan, salah satunya menimbulkan penyakit kolesterol. Bahkan, dia mengatakan dirinya merupakan salah satu dari pengidap tersebut.

"Saya dua tahun terakhir punya penyakit kolesterol enggak hilang-hilang, setelah saya selidiki itu ternyata yang disampaikan Ibu Mega itu betul, bahwa itu karena saya mengonsumsi gorengan terlalu banyak," ungkapnya.

"Hanya kami periksa, bahkan data-data dari laboratorium cek darah, saya yakin betapa seriusnya persoalan terkait kolesterol" imbuh Hasto. 

Diberitakan Kompas.TV sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat Indonesia, sehingga tak lagi membutuhkan minyak goreng untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

"Saya itu sampai mikir, apakah ibu-ibu itu setiap hari urusannya hanya menggoreng? Sampai begitu rebutannya?" kata Megawati, Jumat (18/3/2022). 

Dia menjelaskan, sebenarnya ada cara lain untuk mengonsumsi makanan dengan cara tidak menggoreng. Misalnya dengan cara merebus atau mengukus yang menyehatkan dan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia dalam memasak.

"Apa tidak ada cara merebus? Mengukus? Apa tidak ada? Itu menu indonesia loh," ujarnya.

Baca Juga: Megawati: Apakah Ibu-ibu di Indonesia Setiap Hari Hanya Menggoreng?

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x