Kompas TV nasional peristiwa

Pelaksanaan Ibadah Haji Dibuka Tahun Ini, Menag Harap Indonesia Bisa Dapat Kuota Ideal

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 12:26 WIB
pelaksanaan-ibadah-haji-dibuka-tahun-ini-menag-harap-indonesia-bisa-dapat-kuota-ideal
Menag Yaqut saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Minggu (20/3/2022) (Sumber: Dok. Humas Kemenag)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Arab Saudi akan membuka pelaksanaan Ibadah Haji bagi jemaah luar negeri, termasuk Indonesia pada penyelenggaraan haji 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Pernyataan ini disampaikan Menag Yaqut usai bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (20/3/2022).

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," kata Menag melalui keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Menag menyebut, belum ada kuota yang ditentukan pemerintah Arab Saudi. Kendati demikian, ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jemaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

Baca Juga: Arab Saudi Longgarkan Aturan, Wamenag Harap Ibadah Haji Tahun Ini Dibuka untuk Semua Negara

Lantaran pandemi Covid-19 masih berlangsung, Menag Yaqut menyebut kemungkinan bahwa kuota haji tahun ini belum bisa normal.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," jelas Menag.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa pihaknya juga terus melakukan persiapan untuk membuka kesempatan jemaah luar Saudi untuk beribadah haji.

Peluang itu direncanakan lantaran jemaah umrah dari berbagai negara juga sudah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Tawfiq F. Al-Rabiah menyatakan terkait keputusan kuota di tiap negara akan melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

"Bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi," kata Tawfiq.

Untuk diketahui, terkait kuota haji tidak hanya Indonesia yang menunggu kepastian melainkan juga dinanti oleh sejumlah menteri agama dari berbagai negara.

Dalam pertemuan itu, hadir sejumlah menteri agama dari sejumlah negara, meliputi Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Tak hanya hadir sendiri, dalam pertemuan tersebut Menag Yaqut didampingi oleh pejabat lain antara lain Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief.

Lalu, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.

Baca Juga: Kemenag Optimistis Ibadah Haji Bisa Digelar Tahun Ini meski Kuota Terbatas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x