Kompas TV nasional politik

IPU ke-144 di Bali Akan Bahas Resolusi Damai, Delegasi Parlemen Rusia dan Ukraina Dikabarkan Absen

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 23:19 WIB
ipu-ke-144-di-bali-akan-bahas-resolusi-damai-delegasi-parlemen-rusia-dan-ukraina-dikabarkan-absen
Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan sambutan pada forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-143 yang digelar di IFEMA Palacio Municipal, Madrid. (Sumber: Dok. dpr.go.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Delegasi parlemen Ukraina dan Rusia dikabarkan absen dalam Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Minggu (20/3/2022).

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Putu Supadma Rudana menyatakan, meski kedua perwakilan negara tidak hadir, Sidang IPU tetap membahas resolusi damai untuk konflik Rusia dan Ukraina.

"Kami harap mereka hadir, tetapi sampai saat ini Ukraina dan Rusia tidak hadir dalam Forum IPU 144 di Bali," ujar Putu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Serangan Rusia Hancurkan Permukiman Warga di Kiev Ukraina, Satu Orang Tewas

Putu menjelaskan resolusi damai untuk konflik Rusia-Ukraina menjadi salah satu pembahasan dalam menyikapi permasalahan kemanusian.

Menurut Putu, konflik Rusia-Ukraina menjadi perjuangan dunia menegakkan kembali isu perdamaian dunia dan isu tentang hak asasi manusia.

Putu menjelasksan Presiden IPU Duarte Pacheco dan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sebuah kesempatan meminta dua pihak berkonflik untuk menghentikan gencatan senjata yang hanya mengorbankan warga sipil, terutama anak-anak dan perempuan.

Di samping konflik Rusia-Ukraina, Sidang ke-144 IPU juga membahas dampak perubahan iklim, kesetaraan gender, dan peran anak muda dalam politik.

Baca Juga: Putin Akhirnya Gunakan Rudal Hipersonik Mematikan untuk Pertama Kali pada Penyerangan ke Ukraina

"Kami akan terus mengupayakan perdamaian di Ukraina, karena itu yang paling penting untuk warga di Ukraina. Kami akan membahas hal-hal darurat di Ukraina, tidak mungkin kita membahas masalah-masalah dunia lainnya tapi luput memerhatikan yang terjadi di depan mata kita," ujar Putu. 

Adapun Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah sidang tahunan IPU ke-144.

Sidang IPU merupakan kerja sama antarparlemen lintas negara yang menjadi forum demokrasi terbesar kedua di dunia setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga: Kabar Baik, 9 WNI yang Tertahan di Kota Chernihiv Ukraina Sudah Dievakuasi ke Polandia

Acara yang mengusung tema "Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change" ini berlangsung pada 20-24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Presiden IPU Duarte Pacheco dan Ketua DPR RI Puan Maharani akan menjadi pimpinan sidang IPU ke-144.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x