Kompas TV nasional sosial

Pemerintah: Seiring Penurunan Kasus Covid-19, Jumlah Daerah PPKM Level 2 Meningkat

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 21:22 WIB
pemerintah-seiring-penurunan-kasus-covid-19-jumlah-daerah-ppkm-level-2-meningkat
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Umumkan Hasil Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di Indonesia per 14 Maret 2022.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, jumlah daerah berstatus PPKM Level 2 mengalami peningkatan. Hal ini terjadi seiring penurunan kasus Covid-19 di tanah air.

"Seiring dengan penurunan kasus, jumlah kabupaten/kota yang masuk ke dalam (PPKM) Level 2 berdasarkan asesmen minggu ini mengalami peningkatan."

"Keputusan detail mengenai hal ini akan tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) yang akan segera keluar pada hari ini," ujar Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara daring pada Senin (14/3/2022).

Luhut melanjutkan, saat ini kondisi penanganan pandemi memberikan dampak yang signifikan. Hal ini tampak dari turunnya tren kasus konfirmasi positif dan tingkat rawat inap di rumah sakit (RS) secara nasional.

Baca Juga: Teken Kepgub PPKM Level 2, Anies Minta Warga Segera Vaksin Dosis Ketiga

"Hari ini jumlah kasus berada di bawah 10.000 sementara jumlah kesembuhan mencapai lebih dari 39.000. Hal tersebut sejalan dengan penurunan kasus dan rawat inap rumah sakit di seluruh wilayah Provinsi Jawa dan Bali yang begitu signifikan," ungkap Luhut.

Namun, pemerintah memberikan perhatian lebih pada tingkat penurunan angka kematian yang berjalan cukup lambat utamanya di wilayah Jawa Tengah.

Penyebabnya masih sama dengan yang sebelumnya, yakni banyaknya pasien Covid-19 yang memiliki komorbid dan belum melakukan vaksinasi lengkap.

"Untuk itu sekali lagi saya mengingatkan, bagi masyarakat yang memiliki komorbid atau lansia untuk segera dirawat di RS jika positif Covid-19," tambah Luhut.

Baca Juga: Spanduk Dukungan Luhut Capres 2026 Terbentang di Pulogadung, Dicopot Satpol PP

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x