Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Perbarui Kekuatan Gempa Nias Selatan dari Magnitudo 6,9 Jadi 6,7

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 07:35 WIB
bmkg-perbarui-kekuatan-gempa-nias-selatan-dari-magnitudo-6-9-jadi-6-7
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperbaharui kekuatan gempa yang terjadi di Pantai Nias Selatan, Sumatera Utara sekitar pukul  04.09 WIB pada Senin (14/3/2022). Sebelumnya, BMKG mencatat magnitudo gempa itu sebesar 6,9 kini diperbaharui menjadi 6,7.

"Hasil analisis BMKG gempabumi ini memiliki parameter yang telah diupdate dengan magnitudo 6,7," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Gempa Nias Selatan Guncangannya hingga ke Kota Padang dan Sinyal Ponsel Terganggu

Ia menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,71° LS; 98,50° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 KM arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 25 KM.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," ujarnya. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menyebutkan, guncangan dirasakan kuat selama kurang lebih satu menit. Warga telihat sempat panik akibat aktivitas geologi tersebut. Pusat gempa yang berada pada kedalaman 25 KM ini dilaporkan tidak berpotensi tsunami. 

"Selain di Kabupaten Nias Selatan, guncangan juga dirasakan sedang di beberapa wilayah lainnya seperti Kota Padang, Sumatra Barat," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis. 

Ia menjelaskan berdasarkan catatan BMKG kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan IV MMI di wilayah Nias Selatan, dan III MMI di Padang, Siberut, dan Gunung Sitoli. 

Baca Juga: BMKG Catat 4 Gempa Susulan Guncang Nias Selatan, Kekuatan hingga M 6,0

"Selang 30 menit setelahnya, gempa susulan terjadi dengan skala yang lebih kecil yakni M 6,0," katanya. 

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Nias Selatan masih melakukan asesmen terkait dampak dari kejadian gempa. Proses asesmen sempat terhambat akibat sinyal komunikasi GSM terdekat dengan pusat gempa terkendala. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x