Kompas TV nasional peristiwa

Kunjungi Athena, Menhan Prabowo Jajaki Kerja Sama Pertahanan dengan Yunani

Kompas.tv - 12 Maret 2022, 15:28 WIB
kunjungi-athena-menhan-prabowo-jajaki-kerja-sama-pertahanan-dengan-yunani
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto (kanan) bersama Menhan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos (tengah) didampingi Panglima Angkatan Bersenjata Yunani (HNDS) Jenderal Konstantinos Floros, di Athena, Yunani, Jumat (11/3/2022). (Sumber: Biro Humas Setjen Kemhan))
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

ATHENA, KOMPAS. TV – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan untuk bertemu Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos. Keduanya membahas peningkatan kerja sama pertahanan, serta isu-isu strategis lain terkait pertahanan.

Pertemuan tersebut berangsung di Athena, Yunani, Jumat (11/3/2022). Prabowo disambut hangat dengan upacara jajar kehormatan oleh Menhan Yunani beserta pejabat pertahanan yang turut hadir.

Adapun pembahasan dalam pembicaraan bilateral antara kedua menhan mencakup bidang kerja sama pertahanan bilateral, pendidikan dan pelatihan, serta alutsista.

Baca Juga: Wejangan KSAD kepada Mahasiswa: Pertahanan Negara Tanggung Jawab Bersama

“Kami melakukan diskusi yang bermanfaat dan produktif. Yunani dan Indonesia memiliki hubungan yang baik. Yunani adalah salah satu negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI,” kata Menhan Prabowo dalam siaran pers, Sabtu (12/3/2022).

Indonesia dan Yunani sendiri telah melakukan kerjasama di bidang pertahanan sejak 2015. Salah satu perusahaan Yunani Theon Sensors bekerja sama dengan PT Pindad memproduksi teropong bidik senapan malam (TBSM).

Kerja sama antar kedua negara juga bertujuan agar proses alih teknologi yang dilakukan berjalan secara lebih maksimal dan akan berujung pada penguasaan teknologi industri dalam negeri yang meningkat.

Baca Juga: Pangkas Vonis Edhy Prabowo, ICW: Putusan MA Tak Beralasan!

Sementara itu, Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos menjelaskan, Yunani memiliki tujuan utama memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang politik dan ekonomi, serta memperluas kerja sama pertahanan.

Fokus kerjasama Yunani itu antara lain perdagangan maritim, perkapalan, penelitian dan pengembangan, pariwisata dan industri pertahanan.

Adapun pada kesempatan tersebut, Menhan Prabowo juga mengungkapkan posisi Indonesia terkait situasi di Ukraina.

Baca Juga: Ngabalin: Presiden Jokowi Beri Arahan TNI-Polri sebagai Pemegang Komando Pertahanan Tertinggi

“Kami mendesak semua pihak dalam situasi Ukraina untuk segera memulai dialog damai dan menyelesaikan masalah. Kami berharap dan berdoa untuk hasil damai dalam krisis di Ukraina,” kata Menhan Prabowo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x