Kompas TV nasional sosok

Profil GPH Bhre Cakrahutama, Putra Tunggal Permaisuri Penerus Tahta Mangkunegaran

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 09:29 WIB
profil-gph-bhre-cakrahutama-putra-tunggal-permaisuri-penerus-tahta-mangkunegaran
Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi ditetapkan sebagai Raja Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. (Sumber: Dok. Puro Mangkunegaran)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV — Tahta Mangkunegaran secara resmi kini diteruskan oleh Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Upacara Jumenengan atau penobatannya sebagai Raja Mangkunegara X akan dilaksanakan pada 12 Maret mendatang.

Bhre dinobatkan sebagai raja dalam usianya yang ke 24 tahun. Berdasarkan informasi yang dihimpun KOMPAS.TV, raja muda ini diketahui lahir pada 29 Maret 1997 dan masih lajang atau belum menikah.

Ia merupakan putra KGPAA Mangkunegara IX dari istri kedua atau permasuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi.

Dia memiliki seroang kakak perempuan bernama GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo. Selain itu, Bhre juga memiliki dua kakak tiri dari istri pertama KGPAA Mangkunegara IX, Sukmawati Soekarnoputri.

Kakak tiri Bhre, yakni GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur).

Dalam bidang pendidikan, Bhre tercatat sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI).

Selama menjadi mahasiswa, ia bahkan pernah menorehkan prestasi di tingkat internasional.

Prestasi tersebut diraihnya saat bergabung dengan Tim Mooting Vis Fakultas Hukum UI.

Baca Juga: Bhre Cakrahutomo Resmi Ditetapkan sebagai Raja Mangkunegaran X

Melansir laman resmi Puro Mangkunegaran, Bhre berhasil mendapat gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Sebagaimana diketahui, Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diadakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law. 

Adapun Pre-moot merupakan ajang pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Sementara itu, dipantau dari akun Instagram pribadinya @BhreSudjiwo, Bhre memiliki hobi fotografi. Hal itu terlihat dari unggahannya yang didominasi oleh hasil potretannya.

Mulai dari lanskap alam hingga foto-foto human interest. Dari unggahannya juga, Bhre pernah sukses menggelar Festival Jazz Mangkunegaran pada 2019.

Karena pandemi Covid-19 urung usai, acara tersebut masih belum diselenggarakan lagi hingga hari ini, Rabu (2/3).

Sebagai informasi, penunjukan Bhre sebagai Raja Mangkunegara X diketahui usai diumumkan Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat yang didampingi para kerabat di Pura Mangkunegaran, Selasa (1/3) kemarin.

Bhre ditunjuk sebagai Raja Mangkunegara X berdasarkan hasil kesepakatan antara keluarga inti dan sederet keluarga Mangkunegara IX dan putra-putra.

Baca Juga: Raja Mangkunegaran Solo Wafat Karena Sakit Jantung, Tepat 5 Hari Jelang Peringatan Naik Tahta ke-34



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x