Kompas TV nasional politik

Perludem soal Muhaimin Minta Pemilu Ditunda: Itu Keinginan Mengada-ada dan Tidak Bisa Dilaksanakan

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 09:17 WIB
perludem-soal-muhaimin-minta-pemilu-ditunda-itu-keinginan-mengada-ada-dan-tidak-bisa-dilaksanakan
Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai usulan menunda pemilu sebagai keinginan mengada-ada terlebih dengan dalih pemulihan ekonomi.

Demikian Peneliti Perludem Fadli Ramadhanil merespons pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang mengusulkan pemilu ditunda 1-2 tahun kepada KOMPAS TV, Kamis (24/2/2022).

“Keinginan untuk menunda pemilu dengan dalih untuk pemulihan ekonomi itu adalah keinginan yg mengada-ada dan tidak bisa dilaksanakan,” kata Fadli.

“Tidak ada basis konstitusional, untuk menunda pemilu, sebagai fondasi dan wujud dari Indonesia sebagai negara demokrasi, karena alasan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua Projo soal Muhaimin Minta Pemilu Ditunda: Itu Bukan Usulan Baru

Dalam argumentasinya, Fadli berpendapat Muhaimin Iskandar atau pun elite politik lainnya yang ingin pemilu ditunda berusaha merusak siklus kepemimpinan politik sesuai konstitusi.

Sebelum Muhaimin, usulan penundaan pemilu pernah disampaikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Keinginan itu menunjukkan elite politik yang mengusulkan coba menabrak dan merusak siklus kepemimpinan politik yang dasarnya adalah konstitusi UUD NRI 1945,” ujarnya.

Di samping itu, Fadli menuturkan usulan menunda pemillu dua tahun justru akan membuat publik marah.

“Keinginan itu berpotensi memantik kemarahan publik, karena keinginan elite politik di rezim sekarang ingin terus memperpanjang kekuasaan,” ucapnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Andika Perkasa untuk Capres 2024 Lampaui Puan Maharani

Sebab menurutnya, tidak ada yang dapat menjamin situasi ekonomi di tanah air akan pulih dalam dua tahun penundaan pemilu.

“Tidak ada yang bisa menjamin, ekonomi akan pulih dua tahun atau satu tahun jika pemilu ditunda. Indikatornya apa,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menyepakati jadwal pemilu akan digelar 14 Februari 2024.

Namun, Muhaimin Iskandar yang juga wakil ketua DPR itu secara tiba-tiba dalam katerangannya memberikan usulan agar jadwal pemilu 2024 ditunda sekitar 1-2 tahun.

Baca Juga: Cak Imin Usul Pemilu 2024 Ditunda, Pengamat: Bisa Kisruh Secara Nasional, Berani Tanggung Jawab?

Muhaimin Iskandar mengungkapkan, pernyataan tentang usulan penundaan pemilu bukan dilakukan tanpa dasar.

Usulan tersebut, katanya, berangkat dari hasil pertemuan tertutup dirinya dengan para pelaku UMKM, pebisnis, hingga analis ekonomi.

“Biar tidak terjadi freeze, untuk mengganti stagnasi selama dua tahun masa pandemi itu, ya setahunlah atau nggak dua tahun maksimal,” ujar Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x