Kompas TV nasional indonesia update

Mulai Dikirim ke Mandalika, Patung Presiden Jokowi akan Dibongkar Pasang oleh Nyoman Nuarta

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 15:23 WIB
mulai-dikirim-ke-mandalika-patung-presiden-jokowi-akan-dibongkar-pasang-oleh-nyoman-nuarta
Proses pengemasan patung Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelum dikirim ke Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Proses pengiriman patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mulai berjalan.

Patung dengan nama 'Speed' karya seniman Nyoman Nuarta tersebut dikirim langsung dari workshop-nya, yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Nyoman mengungkapkan, karena dimensi patung itu cukup besar hingga dua kali dari ukuran normal, maka harus dibagi menjadi dua bagian untuk proses pengirimannya.

"Patungnya kan cukup besar dan tinggi. Sementara kita ada persyaratan tinggi (kendaraan) saat di tol. Kemudian, juga di kapal yang mengangkut itu, pintunya belum tentu tinggi," kata Nyoman, Sabtu (19/2/2022), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika Antikarat dan Disebut Melengkapi Keindahan Alam

Oleh sebab itu, Nyoman memutuskan untuk memberikan sentuhan ulang terhadap desain patungnya itu supaya dapat dibongkar pasang, sehingga memudahkan urusan pengirimannya.

"Kami merancang itu memang bisa dilepas, antara motor dan angin-anginnya. Jadi, patungnya dibagi dua selama pengiriman. Cuman tetap satu kendaraan," jelasnya.

Selanjutnya, Nyoman menerangkan bahwa proses pengiriman patung Presiden Jokowi itu bakal menggunakan dua jalur transportasi, yakni darat dan laut.

Untuk menempuh perjalanan darat, pengiriman patung tersebut menggunakan truk dolly. Sedangkan, perjalanan lautnya dengan kapal Ro-ro.

Baca Juga: Segera Dipajang! Patung Presiden Jokowi di Sirkuit Mandalika, Ini 5 Fakta Menariknya

"(Nantinya) kita (akan) naikkan ke kapal dengan truk-truknya, supaya loading-nya itu cuman dari studio kita ini di Bandung kemudian loading kembali di Mandalika dan langsung pasang," ujar Nyoman.

Sebagai informasi tambahan, proses pengiriman patung itu dapat memakan waktu lima sampai tujuh hari, tergantung kondisi cuaca seperti gelombang laut yang tinggi.

Adapun, setelah patung Presiden Jokowi tiba di Mandalika, Nyoman dan timnya pun akan menyusul guna menyatukan kembali patung tersebut.

“Saya datang ke sana kalau patungnya sudah sampai di situ, saya juga sudah sampai di situ. Jadi tim kita kan ada kurang lebih 9 orang untuk memasang (patung Jokowi) di sana,” tandasnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x