Kompas TV nasional politik

Jelang MotoGP Harga Akomodasi di Mandalika Naik, DPR: Ini Bisa Mencoreng Indonesia di Mata Dunia

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 17:11 WIB
jelang-motogp-harga-akomodasi-di-mandalika-naik-dpr-ini-bisa-mencoreng-indonesia-di-mata-dunia
Salah satu sudut dari Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tingginya harga akomodasi dan transportasi di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)  mendapat sorotan DPR.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengingatkan para pengelola hotel dan transportasi di kawasan Mandalika tidak menaikkan tarif sesuka hati.

Menurut Hetifah,  permainan tarif ini mulai terjadi jelang perhelatan ajang balap motor internasional, MotoGP Mandalika yang direncanakan digelar 18-20 Maret 2022 mendatang.

Baca Juga: Trek Kotor Jadi Sorotan, Sirkuit Mandalika Bakal Dibersihkan 2 Kali Sehari

Ajang internasional tersebut menargetkan penonton internasional dan domestik sekitar 100 ribu orang.

"Permainan tarif ini bukan saja merusak pariwisata Mandalika jangka panjang, namun juga berpotensi mencoreng nama Indonesia di mata dunia," ujar Hetifah, Rabu (16/2/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Hetifah mengakui ajang MotoGP Mandalika  dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di NTB. Namun bukan berarti kegiatan internasional tersebut dimanfaatkan dalam mencari keuntungan setinggi-tingginya dengan meningkatkan tarif dengan sesuka hati.

Ia juga meminta agar pemerintah daerah segera mengeluarkan kebijakan yang dapat mengontrol tarif penginapan dan transportasi sewa di sekitar Mandalika.

Baca Juga: Jajal Motor Ducati Desmosedici, Menparekraf Sandiaga Uno Pamerkan Logo Wonderful Indonesia

"Mari manfaatkan kesempatan ini untuk memulihkan ekonomi sebaik-baiknya. Bukan dengan memasang tarif yang tidak rasional, namun dengan menghadirkan pelayanan serta produk terbaik yang akan berkesan," ujar Hetifah.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut, adanya laporan harga akomodasi dan transportasi di Mandalika jelang MotoGP 2022 yang mencapai Rp8 juta per malam.

Sebagai antisipasi, Sandiaga menjelaskan, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang nanti berfungsi untuk menetapkan harga ambang batas akomodasi dan transportasi di Mandalika.

Baca Juga: Wartawan The Race Sebut Sirkuit Mandalika Harus Diaspal Ulang Pakai Spesifikasi Material yang Benar

"Ini nanti akan diatur oleh Pergub, yang akan memberikan ambang batas atas untuk biaya kamar per malam dan biaya transportasi untuk di zona utama, zona 1, dan zona penyangga," ujar Sandiaga saat "Weekly Press Briefing" virtual, Senin (14/2/2022).
 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x