Kompas TV nasional peristiwa

Penularan Omicron Paling Banyak di Lingkungan Perumahan, Ini Langkah DKI

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 09:30 WIB
penularan-omicron-paling-banyak-di-lingkungan-perumahan-ini-langkah-dki
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/1/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini penularan Covid-19 termasuk varian Omicron tidak lagi dari pelaku perjalanan luar negeri namun paling banyak terjadi di lingkungan perumahan.

"Ini masih di perumahan, rata-rata di lingkungan masing-masing," kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/2/2022) kemarin. 

Riza mengatakan komposisi orang terpapar Omicron di Jakarta sebanyak 52,6 persen di antaranya adalah kasus transmisi lokal dan 47,4 persen adalah kasus impor.

"Sekarang penyebaran lokal ini menjadi perhatian, jadi kami tidak bisa lagi menyalahkan datangnya orang asing ke Jakarta dan lainnya, justru sekarang yang meningkat internal kita," ujarnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Satu Kematian Akibat Covid-19 Tetap Terlalu Banyak, Harus Dicegah Sekuat Tenaga

Ia memastikan, Pemprov DKI akan mengoptimalkan peran Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 hingga ke level terendah, yakni tingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW).

"Kami akan tingkatkan kembali satgas, kami optimalkan sampai ke tingkat RT/RW," ucapnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat penambahan kasus aktif untuk pasien yang dirawat/diisolasi sebanyak 5.627 kasus sehingga total menjadi 80.162 kasus per Selasa.

Penambahan kasus positif harian sebanyak 10.817 kasus. Dengan demikian, akumulasi kasus Covid-19 di Ibu Kota kini mencapai 1.004.469 kasus, terhitung sejak Maret 2020.

Baca Juga: WHO Prihatin 500.000 Orang Meninggal Akibat Covid-19 Sejak Varian Omicron Muncul

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x