Kompas TV nasional peristiwa

KSAD Dudung Dijadwalkan Pimpin Sertijab Pangkostrad Maruli Simanjuntak Hari Ini

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 10:07 WIB
ksad-dudung-dijadwalkan-pimpin-sertijab-pangkostrad-maruli-simanjuntak-hari-ini
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Sumber: Dok. Dispenad)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dijadwalkan memimpin acara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna acara pelantikan dan sertijab akan dilaksanakan di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin (31/1/2022).

"Serah terima jabatan mulai dari Pangkostrad sampai dengan badan pelaksana lainnya dilaksanakan hari ini, Senin, 31 Januari 2022 di Lantai 3 Gedung Nasution Mabes TNI AD,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna, Senin (31/1), seperti diwartakan Antara.

Tak hanya Pangkostrad, pada hari yang sama akan dilakukan pelantikan Pangdam IX/Udayana dan pangdam lainnya.

Baca Juga: Mayjen TNI Maruli Tak Masalah Dianggap Jadi Pengkostrad karena Dekat Jokowi dan Luhut

Sebagai informasi, Pangdam yang akan dilantik bersamaan dengan pelantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad adalah Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang menjabat Pangkogabwilhan III.

Kemudian, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto yang menjabat Wakasad, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo yang menjabat Dankodiklatad.

Diketahui sebelumnya, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak pada bulan ini resmi ditunjuk sebagai Pangkostrad oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, sebagaimana ditetapkan dalam SK Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dalam SK itu, Panglima TNI tidak hanya mempromosikan Mayjen Maruli dari Panglima Kodam IX/Udayana jadi Pangkostrad, tetapi juga memutasi, mempromosikan, dan memberhentikan dengan hormat 328 perwira tinggi TNI lainnya.

Penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad menggantikan Jenderal Dudung telah diprediksi oleh banyak pengamat. Kendati demikian, pemilihannya sempat diisukan lantaran Maruli merupakan menantu dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Namun terkait hal tersebut telah dibantah oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia menyatakan bahwa penunjukan Mayjen TNI Maruli Simanjutak sebagai Pangkostrad berdasarkan penilaian profesional sehingga layak menjabat posisi tersebut.

“Jadi, penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas menjadi Pangkostrad,” kata Jenderal Andika.

Baca Juga: Tanggapan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak soal Tudingan di Balik Penunjukan sebagai Pangkostrad



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x