Kompas TV nasional politik

Iwan Bule Ingin Masuk Ruang Ganti Timnas, Wakil Ketua Komisi X: Jangan Paksakan Diri

Kompas.tv - 29 Desember 2021, 11:10 WIB
iwan-bule-ingin-masuk-ruang-ganti-timnas-wakil-ketua-komisi-x-jangan-paksakan-diri
Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menyoroti rencana Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang berencana masuk ke ruang ganti pemain Tim Nasional (Timnas) saat leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand pada Sabtu (1/1/2022). 

Politikus Partai Demokrat itu mengimbau kepada Iwan Bule untuk tak memaksakan diri masuk ke ruangan ganti pemain Timnas. Hal tersebut karena akan dilarang oleh pihak panitia penyelenggara gelaran turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut. 

"Sebagai pejabat sepakbola saya yakin beliau tahu aturan internasional yang berlaku. Jadi menurut saya tidak perlu memaksakan," kata Dede kepada Kompas TV, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: "Ruang Ganti itu Biar Urusan Shin Tae-yong dan Para Pemain, Bukan Milik Ketua PSSI"

Menurut dia, niat dari Iwan Bule tersebut dapat dikatakan baik karena untuk memotivasi para pemain agar lebih semangat dalam bermain melawan Thailand di laga pamungkas nanti. 

"Intinya, semangat Pak Iwan untuk memberikan support sangat baik. Walaupun pastinya panpel tidak akan berikan izin. Sebab aturan harus ditegakkan tanpa tebang pilih. Jadi menurut saya Pak Iwan hanya berbahasa untuk tambah semangat saja," ujarnya. 

Ia berharap kepada seluruh pemain Timnas Indonesia dapat mengeluarkan permainan terbaiknya nanti sehingga bisa mengharumkan nama Tanah Air di kancah dunia Internasional. 

Ia menilai sejak kepemimpinan pelatih Timnas Indonesia dipegang oleh Shin Tae-Yong (STY) sepak bola Tanah Air menunjukkan tren ke arah yang positif, sehingga dirinya meyakini Indonesia bisa mengakhiri kutukan tim spesialis punner up pada perhelatan Piala AFF tahun 2020. 

"Kalau dari statistik kita sering runner up. Namun peluang kali ini terbuka lebar, apalagi STY sangat kommit untuk memenangkan Timnas. Dan anak anak kita sudah sangat siap. Kita Optimis menang. Ayo Timnas. Main tenang, rebut kemenangan," katanya. 

Sebelumnya, rencana Iwan Bule untuk masuk ke ruang ganti dipaparkannya melalui kanal YouTube pribadinya, Senin (27/12/2021) malam WIB.

Baca Juga: Rencana Iwan Bule Masuk Ruang Ganti Timnas AFF 2020 Bakal Jadi Beban Asnawi Cs dan Rusak Citra PSSI

Asnawi Mangkualam dan Evan Dimas Darmono sempat bertanya soal rencana kedatangan Iriawan ke Singapura. Iriawan menjawab akan ke Singapura saat final leg kedua Final Piala AFF 2020 dan menyampaikan rencana masuk ke ruang ganti timnas Indonesia.

"Saya tanggal 31 (Desember) ke sana. Saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian (ruang ganti). Saya lagi izin ke AFF," kata Iriawan.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (28/12/2021) Iriawan mengonfirmasi rencananya ke Singapura dan masuk ke ruang ganti.

"Insyaallah," balasnya. Dia kemudian juga mempertanyakan kenapa rencananya itu menjadi polemik.

"Kenapa polemik? Kenapa berharap begitu (ke ruang ganti). Kan izin dulu sama mereka (AFF) Kepengen saya begitu, boleh dong," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x