Kompas TV nasional berita utama

Resmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jokowi: Waduk adalah Kunci Mewujudkan Kemandirian Pangan

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 16:47 WIB
resmikan-bendungan-pidekso-di-wonogiri-jokowi-waduk-adalah-kunci-mewujudkan-kemandirian-pangan
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan dalam peresmian Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (28/12/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

WONOGIRI, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan keberadaan waduk adalah kunci untuk mewujudkan kemandirian pangan, kedaulatan pangan, dan ketahanan pangan.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi seusai meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (28/12/2021).

“Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai, waduk adalah menjadi kunci, air merupakan kunci, oleh sebab itu kita bangun waduk di seluruh Provinsi di tanah air kita,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menuturkan Bendungan Pidekso yang dibangun sejak 2017 dapat mengairi 1.500 hektar sawah yang berada di Wonogiri.

“Alhamdulillah Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah hari ini bisa kita resmikan, bendungan yang menelan biaya Rp772 miliar ini, dimulai dikerjakan pembebasan tanahnya di 2014 dan mulai konstruksi di 2017,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri: Ini Bisa Mengairi 1500 Hektar Sawah

“Bendungan ini memiliki kapasitas 25 Juta Meter kubik dengan luas genangan 230 hektar, yang ini bisa mengairi kurang lebih 1500 hektar sawah di Kabupaten Wonogiri,” tambahnya.

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi sebelumnya juga meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Presiden mengatakan, Bendungan Ladongi memiliki kapasitas daya tampung 45,9juta meter kubik dan dapat mengairi empat kabupaten di sekitarnya.

“Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki kapasitas daya tampung 45,9 juta M3 air dengan keluasan lahan 222 juta hektar yang nanti bisa mengairi empat kabupaten di sekitar waduk,” kata Presiden Jokowi.

Tak hanya untuk mengairi 4 Kabupaten di Kolaka, Presiden Jokowi menuturkan Bendungan Ladongi juga sangat berpotensi sebagai wisata air jika dikembangkan.

Baca Juga: Jokowi: Bendungan Ladongi Bisa Mengairi 4 Kabupaten dan Dikembangkan untuk Tempat Wisata

“Fungsi dari Waduk Ladongi ini tidak hanya berkaitan dengan memberikan air kepada sawah-sawah yang ada di empat Kabupaten,” ujarnya.

“Tetapi juga, kalau kita lihat alamnya yang indah di Waduk ini juga bisa dikembangkan sebagai tempat wisata, utamanya wisata air,” tambahnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x