Kompas TV nasional politik

Survei SMRC: Hanya 6 Partai yang Lolos ke Senayan

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 16:18 WIB
survei-smrc-hanya-6-partai-yang-lolos-ke-senayan
Ilustrasi. Sejumlah partai politik diprediksi tak akan lolos parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen dalam perhelatan Pileg 2024 mendatang. (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah partai politik diprediksi tak akan lolos parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen dalam perhelatan Pileg 2024 mendatang. 

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) hanya ada enam partai yang masih berada di atas ambang batas parlemen atau bisa mengirimkan kadernya untuk duduk sebagai anggota legislatif di Senayan.

Survei SMRC menunjukkan, elektabilitas PDIP berada di peringkat teratas dengan nilai 25,2 persen. Posisi kedua ditempati Partai Golkar dengan angka 11,2 persen, diikuti Partai Gerindra dengan 10,8 persen.

Baca Juga: Sejumlah Partai Politik Desak Presiden Threshold Nol Persen, Gerindra: Tidak Konsisten

Selanjutnya, posisi keempat ditempati oleh PKB dengan elektabilitas 8,4 persen, ditempel Partai Demokrat 6,2 persen dan PKS menjadi partai keenam yang lolos ke Senayan dengan nilai 5,1 persen.

Kemudian, Partai Nasdem dengan elektabilitas 3,4 persen, PPP 2,7 persen, Perindo 2,0 persen, PAN 1,8 persen dan Hanura 0,6 persen.

Selain itu, ada PSI 0,5 persen, Partai Emas 0,3 persen, Partai Buruh 0,2 persen, PBB 0,1 persen, PID 0,1 persen, Garuda 0,1 persen, Gelora 0,1 persen, Masyumi 0,1 persen, Ummat 0,1 persen, PUKM 0,1 persen, Berkarya, PKP, PInter, Pandai, Nusantara 0 persen. 

Sementara, untuk responden yang tidak menjawab atau tidak tahu 20,9 persen.

"Masih ada waktu untuk berubah. Banyak faktor yang bisa memengaruhi perubahan itu. Salah satunya, untuk partai besar seperti PDIP adalah calon presiden yang diusungnya," kata kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas dalam pemaparan survei secara daring, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Survei SMRC: Publik Nilai Kondisi Politik Memburuk 2 Tahun Terakhir, Tapi Optimistis ke Depannya

Sebagai informasi, survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 8-16 Desember 2021 terhadap 2.024 responden.

Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan metode multistage random sampling.

Adapun margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x