Kompas TV nasional politik

Panglima TNI Ketemu Menkominfo, Bicarakan 200 Titik Akses di Pos Layanan TNI Wilayah 3T

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 13:18 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tahun Depan, Kominfo sediakan 200 akses Internet di Pos Layanan TNI Wilayah 3T.

Wilayah 3T yang dimaksud adalah wilayah terluar, tertinggal dan terdepan untuk mengatasi tantangan komunikasi dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara. 

“Konkretnya Kominfo akan memberikan dukungan terhadap 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar melalui akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit, dan ini akan dilaksanakan di tahun 2022,” ucap Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Nantinya paling feasible dan paling cepat untuk mendukung pelayanan TNI di 200 titik berupa VSAT yang dihubungkan langsung dengan satelit.

Baca Juga: Kasus 3 Oknum TNI AD, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Perintahkan Pemecatan

“Kalau yang berkaitan dengan secure communication itu betul-betul domain militer. Namun, (dukungan Kominfo) berkaitan dengan komunikasi nonmiliter untuk memberikan layanan pertahanan negara di wilayah 3T,” jelasnya.

Hal ini disambut baik Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Jadi kami selama ini mendapatkan anggaran dari pemerintah dalam hal telekomunikasi melalui telkom, kami diskusikan dengan telkom dan menteri Kominfo berharap ada solusi, dan ternyata benar-benar ada solusi, kami didukung lewat program di tahun 2022, nilainya cukup membantu menyediakan konektivitas,”ucap Andika pada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Video Editor: Androw



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x