Kompas TV nasional kesehatan

Kenali Gejala Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) dan Cara Mengatasinya | AYO SEHAT

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 12:31 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gangguan kecemasan sosial atau Social Anxiety Disorder, dapat diartikan sebagai rasa takut akan situasi sosial yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Jika masih dalam batas tertentu rasa takut atau cemas yang timbul, masih bisa dianggap wajar.

Namun menjadi tidak normal, ketika kecemasan ini menjadi irasional.

Dan gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial sendiri, masuk dalam urutan ketiga problem kesehatan mental terbesar di dunia.

Baca Juga: Penyintas Covid-19 Tidak Dianjurkan Olahraga Berat, Lalu Olahraga Apa yang Disarankan? | AYO SEHAT

Dilansir dari Kompas.com, gejala umum mereka yang mengalami gangguan kecemasan bisa terlihat secara fisik maupun psikis.

Pada gejala fisik, antara lain, tubuh gemetar, jantung kerap berdebar kencang, ketegangan otot dan nyeri, mual, hingga pusing.

Sedang kan pada ke gejala psikis, antara lain, perasaan ingin melarikan diri, selalu ingin menghindar ketika harus tampil di depan umum, merasa cemas dan takut yang berkelanjutan, takut diamati atau dinilai orang lain, gugup dan menghindari kontak mata saat berbicara, serta menghindari aktivitas sosial.

Baca Juga: Ayo Sehat – Jaga Liver Sejak Dini, Kenali Gangguannya



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.