Kompas TV nasional kesehatan

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai, Simak Syarat dan Wilayahnya!

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 16:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memulai (kick off) program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun pada Selasa (14/12/21).

Dilansir dari rilis media di laman resmi Kemenkes, jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,8 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun ini akan dilakukan secara bertahap hingga tahun depan.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

Sampai saat ini, tercatat sebanyak 11 provinsi sudah memenuhi kriteria tahap pertama tersebut, di antaranya Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Baca Juga: Mulai Januari 2022, Sinovac Hanya untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Syarat vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun

Persyaratan vaksinasi anak usia 6-11 tahun kurang lebih sama dengan anak usia 12-17 tahun, yaitu membawa NIK yang tersedia di Kartu Keluarga (KK). Anak yang akan divaksinasi wajib dalam kondisi sehat, didampingi orang tua, dan melewati tahapan skrining di petugas vaksinasi.

Jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk sementara ini yaitu vaksin Sinovac yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat oleh BPOM.

Penyuntikan vaksin diberikan sebanyak 2 kali dengan masing-masing dosis 0,5 ml, dan interval atau rentang waktu minimal 28 hari.

Berdasarkan rekomendasi IDAI, anak tidak disarankan vaksinasi jika dalam kondisi demam, memiliki komorbid, atau sedang menjalani terapi untuk penyakit lainnya. Selain itu, rentang waktu vaksinasi Covid-19 dengan imunisasi rutin adalah 4 minggu.

Tempat pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, serta sentra vaksinasi.

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV/Kemenkes RI

BERITA LAINNYA



Close Ads x