Kompas TV nasional breaking news

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami, Masyarakat Sikka NTT Berhamburan ke Tempat Lebih Tinggi

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:25 WIB
bmkg-keluarkan-peringatan-dini-tsunami-masyarakat-sikka-ntt-berhamburan-ke-tempat-lebih-tinggi
Masyarakat di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini sedang mengamankan diri ke tempat yang lebih tinggi. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SIKKA, NTT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini tsunami pasca gempa yang berpusat di Larantuka Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan magnitudo 7,4 pada Selasa (14/12/2021) pukul 11.20 WITA.

Berdasarkan pantauan jurnalis KOMPAS TV Citos Natun, seluruh masyarakat di Kabupaten Sikka, Provinsi NTT saat ini sedang mengamankan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Hal ini terlihat dari hilir mudik masyarakat dengan menggunakan kendaraan bermotor yang menuju Maumere, ibukota Kabupaten Sikka.

Tak hanya itu, terlihat juga anggota TNI AD yang terus mengingatkan masyarakat untuk berkendara dengan tenang, tidak panik agar tetap aman menuju lokasi evakuasi.

Diketahui, BMKG merilis data gempa berkekuatan magnitudo 7,4 itu terjadi di 113 kilometer (Km) barat laut Larantuka.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,4 Berpotensi Tsunami Guncang NTT, Terasa Kuat di Makassar

Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Tepatnya berada pada koordinat 7.59 Lintang Selatan (LS) dan 122.24 Bujur Timur (BT). Adapun gempa juga dirasakan hingga Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Lokasi gempa 113 kilometer barat laut Larantuka. Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat,” tulis BMKG pada website resmi, Selasa (14/12).

Lebih lanjut BMKG memberikan peringatan dini tsunami untuk lima wilayah, antara lain Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA,” demikian tertulis dalam cuitan BMKG.

Baca Juga: Gempa M 7,5 Guncang NTT, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di Wilayan Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x