Kompas TV nasional update corona

Pemerintah Segera Mulai Vaksinasi Covid-19 Anak usia 6-11 Tahun, Ini 3 Jenis Vaksin yang Digunakan

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 08:39 WIB
pemerintah-segera-mulai-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-ini-3-jenis-vaksin-yang-digunakan
Ilustrasi vaksin Pfizer yang tiba di Indonesia dan siap disitribusikan ke 7 provinsi. (Sumber: Canva/Towfiqu Barbhuiya)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 telah memperbolehkan daerah mulai memberikan vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun. 

Inmendagri tersebut berisi tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 di mana salah satunya menjelaskan soal vaksinasi anak. 

Pada Inmendagri yang diteken Kamis (9/12/2021) lalu oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh tiap daerah yang hendak memulai pemberian vaksin bagi anak. 

"Memulai vaksinasi anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 11 (sebelas) tahun dengan ketentuan, telah mencapai target minimal 70 persen (tujuh puluh persen) dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen (enam puluh persen) dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku," tulis Inmendagri tersebut, dikutip Minggu (12/12). 

Baca Juga: Pemprov DKI Persiapkan Rencana Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun

Tiga Jenis Vaksin yang Dapat Digunakan 

Ada tiga jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk anak usia 6-11 tahun. Ketiga vaksin tersebut ialah Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

"Terkait pemberian vaksin untuk usia anak-anak, sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers daring, Selasa (26/10).

Budi berharap, ketiganya dapat segera mendapatkan izin penggunaan darurat atau EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

BPOM sudah memberikan EUA untuk vaksin Sinovac pada November lalu. Sinovac dinilai memicu respons kekebalan yang tinggi di usia anak dan remaja. 

Berdasarkan hasil uji klinis anak, imunogenitas vaksin Sinovac  menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu 96 persen. 

Baca Juga: Kemenkes Siapkan 6,4 Juta Dosis Sinovac untuk Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Sementara itu, izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinopharm dan Pfizer masih dalam proses.

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito menyampaikan, untuk Sinopharm masih dalam proses evaluasi penilaian sementara Pfizer harus mendaftarkan produk tersebut untuk penggunaan pada anak terlebih dahulu. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x