Kompas TV nasional update corona

Waspada Omicron, KKP Bandara Soetta Temukan 40 Penumpang Positif Covid-19

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

TANGERANG, KOMPAS.TV - Mewaspadai masuknya varian Omicron ke Indonesia, Bandara Soekarno Hatta terus memperketat pintu kedatangan internasional dari para penumpang yang baru saja tiba dari luar negeri.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, baik WNA maupun WNI yang akan melakukan karantina di hotel, harus menjalani tes PCR di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Varian Omicron Kian Meluas, Ini Cara Pantau Penyebarannya di Dunia

Darmawali menambahkan, dari hasil di lapangan saat ini, terdapat 40 sampel positif ditemukan dibandara soetta. Pengambilan sampel dilakukan sejak pemberlakuan pengetatan guna pencegahan masuknya Covid-19 varian Omicron.

Ke-40 penumpang tersebut tiba dari luar negeri, mereka terkonfirmasi usai menjalani tes PCR setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Laporan Terbaru WHO: Covid-19 Omicron Sudah Menyebar di 57 Negara

Saat ini sampel spesimennya dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk dilakukan genome sequencing agar diketahui varian dari sample tersebut. Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaan sampel di Litbangkes.

Video editor: Vila Randita




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x