Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Booster Covid-19 Dosis Ketiga Awal 2022 akan Berbayar

Kompas.tv - 19 November 2021, 17:30 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pemberian booster atau dosis ketiga vaksin covid-19 untuk masyarakat Indonesia menurut rencana akan dimulai pada Januari tahun depan. Peneliti menyebut vaksin booster bisa dilakukan 6 bulan setelah vaksin dosis kedua. Lalu berapa harga vaksin booster dan seberapa besar efektivitasnya?

Akan dimulai tahun 2022, vaksin booster ini menurut rencana gratis diberikan bagi peserta BPJS Kesehatan. Sementara masyarakat lainnya akan dikenakan biaya untuk menerima booster.

Kepala Bagian Operasional Pelayanan PT Bio Farma, dr. Erwin Setiawan menyebut hingga kini pihaknya belum bisa memberikan kepastian perihal harga booster vaksin covid-19 untuk masyarakat non-BPJS Kesehatan. Namun mengacu pada vaksinasi gotong royong, harganya kemungkinan tak akan jauh berbeda.

Baca Juga: Vaksin Booster Bagi Penerima Bantuan Iuran Akan Digratiskan, Buat Anggota DPR Bayar

Ketua Satuan Tugas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia, Profesor Zubairi Djoerban mengatakan vaksinasi dosis ketiga penting dilakukan. Apalagi melihat negara-negara yang masyarakatnya sudah disuntik vaksin dua dosis kini mengalami peningkatan kasus covid-19. 

Zubairi memastikan, vaksin booster aman, selayaknya vaksin dosis pertama dan kedua. Vaksin booster bisa dilakukan dengan vaksin yang tersedia dengan jarak dilakukan 6 bulan setelah vaksin dosis kedua. Booster bisa dengan vaksin yang sama di dua dosis sebelumnya atau vaksin yang berbeda.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x