Kompas TV nasional hukum

Soal Isu Kriminalisasi Ulama Usai Penangkapan 3 Tokoh Agama di Bekasi, Ini Kata Polri

Kompas.tv - 17 November 2021, 15:56 WIB
soal-isu-kriminalisasi-ulama-usai-penangkapan-3-tokoh-agama-di-bekasi-ini-kata-polri
Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi menegaskan penangkapan terhadap tiga tokoh agama oleh Densus 88 Antiteror Polri di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (16/11/2021), bukan bentuk kriminalisasi terhadap kelompok siapapun.

Hal itu disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menanggapi isu kriminalisasi ulama yang beredar usai Densus 88 Antiteror menangkap Farid Okbah, Ahmad Zain An Najah dan Anung Al Hamad.

"Tidak ada upaya upaya untuk melakukan kriminalisasi kepada siapa pun termasuk juga kegiatan Densus yang dilakukan di Bekasi pada 16 November 2021 kemarin," ucap Rusdi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Polri: Farid Ahmad Okbah dan Ahmad Zain An-Najah Ternyata Dewan Syuro Jamaah Islamiyah

Rusdi menjelaskan bahwa Densus 88 telah melakukan proses yang panjang untuk menuntaskan kelompok teroris JI dari tanah air, sehingga penangkapan terhadap tiga terduga teroris tersebut bisa dipertanggungjawabkan legalitasnya.

Ia lantas menjelaskan, penelusuran terhadap kelompok ini dimulai sejak menangkap amir JI yang bernama Aji Parawijayanto pada 29 Juni 2019 silam.

Dari Aji inilah, Densus 88 akhirnya menemukan pintu masuk untuk dapat menggambarkan beberapa aspek, mulai dari struktur organisasi, pola rekrutmen, pendanaan dan juga bagaimana strategi daripada JI itu sendiri.

"Sehingga sekali lagi, apa yang dilakukan oleh Densus 88 murni sebagai penegakan hukum yang tegas dan kedua tidak ada kriminalisasi terhadap kelompok siapa pun," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap tiga orang terduga anggota teroris Jemaah Islamiyah di wilayah bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: MUI Sikapi Ahmad Zain Ditangkap Densus 88 Polri: Ia Anggota Komite Fatwa, Tindakannya Urusan Pribadi

Orang pertama yang ditangkap Densus 88 adalah Ahmad Zain An-Najah. Ia ditangkap di Jalan Merbabu Raya, Perumahan Pondok Melati, Kota Bekasi pada pukul 04.39 WIB.

Kemudian, Densus 88 menangkap Farid Ahmad Okbah di Jalan Yanatera, Kelurahan Jatimelati, Kota Bekasi pada pukul 04.43 WIB.

Kemudian yang terakhir, Anung Al-Hamad yang ditangkap di Jalan Raya Legok Blok Masjid, Jatimelati, Kota Bekasi, pada pukul 05.49 WIB.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan peran tiga terduga teroris tersebut.

Menurut Ramadhan, Ahmad Zain An-Najah selain sebagai Dewan Syuro Jamaah Islamiyah juga menjabat Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAM BM ABA).

Baca juga: Keluarga Tak Tahu Penyebab Ustaz Farid Okbah Ditangkap Densus 88

Adapun LAM BM ABA, kata Ramadhan, merupakan yayasan amal yang dibentuk oleh JI untuk menggalang dana umat.

Kemudian, Farid Ahmad Okbah selain menjadi Tim Sepuh atau Dewan Syuro JI, ia juga menjabat sebagai Dewan Syariah LAZ BM ABA.

Sementara Anung Al-Hamad disebut sebagai anggota Pengawas Perisai Nusantara Esa Tahun 2017.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x