Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Jamin Pasokan Minyak Goreng Aman

Kompas.tv - 11 November 2021, 22:59 WIB
pemerintah-jamin-pasokan-minyak-goreng-aman
Harga minyak goreng baik curah maupun bermerek terus merangkak naik. Kini harga minyak goreng menembus Rp20.000 per kilogram (26/10/2021). (Sumber: iStock)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV - Menanggapi naiknya harga minyak goreng di pasaran, Pemerintah menjamin pasokan minyak goreng dalam negeri tersedia dengan ketahanan hingga satu setengah bulan ke depan.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Oke Nurwan, saat menjadi narasumber di Program Berita Utama, Kompas TV, Kamis (11/11/2021).

Oke Nurwan menyatakan, setidaknya  pasokan minyak goreng dalam negeri tersedia setiap harinya sekitar 620 ribu ton. 

Baca Juga: Imbas Minyak Goreng Mahal, Perajin Keripik Tempe Kurangi Ukuran

"Kita sudah jamin bahwa pasokan harga minyak goreng dalam negeri tersedia cukup. Setiap harinya tersedia kurang lebih 620 ribu ton. Artinya kita punya ketahanan terhadap minyak goreng kurang lebih satu setengah bulan," ujar Oke Nurwan. 

Dia menyatakan, pemerintah melakukan intervensi dengan meminta pemasok minyak bahan baku minyak goreng mengutamakan lebih dulu ketersediaan dan kebutuhan dalam negeri.

Memang, menurut Oke, harga minyak goreng bukan hanya persoalan di dalam negeri, namun juga karena ada kenaikan harga pasaran secara global. 

Baca Juga: Duh! Harga Minyak Goreng Makin Licin

Kenaikan harga pasaran secara global ini dipicu sejumlah faktor.  Antara lain ialah kekeringan yang melanda negara-negara pemasok bahan baku seperti Kanada dan Argentina. Selain itu juga terdapat persoalan di Malaysia. 

"Sehingga mempengaruhi produksi dunia kurang lebih 8 persen," paparnya.

Persoalan lain adalah krisis energi di sejumlah negara antara lain di China, India dan sejumlah negara Eropa yang membuat mulai terjadinya peralihan energi dari bahan fosil ke biodiesel. Hal ini membuat penggunaan bahan baku bio energi juga mengalami peningkatan sehingga mempengaruhi harga minyak goreng. 

Baca Juga: Harga Telur Mulai Naik, Minyak Curah Tetap Tinggi

Lantas bagaimana menghadapi bakal melonjaknya kebutuhan minyak goreng menjelang Natal dan Tahun Baru mendatang?

Oke Nurwan menyatakan, pemerintah terus memastikan pasokan dalam negeri aman. "Jadi sudah ada komitmen, pasokan dalam negeri ada terus, " kata Oke Nurwan. 

Dia menyatakan, sudah disepakati ketersediaan 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu per kilogram. 

"Itu bisa diakses dalam waktu dekat di setiap gerai ritel," ujarnya. 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x