Kompas TV nasional peristiwa

Lagi, Densus 88 Tangkap 5 Terduga Teroris Kelompok Jamaah Islamiyah di Jawa Timur

Kompas.tv - 9 November 2021, 19:13 WIB
lagi-densus-88-tangkap-5-terduga-teroris-kelompok-jamaah-islamiyah-di-jawa-timur
Ilustrasi kotak amal untuk pendanaan teroris Jamaah Islamiyah. (Sumber: Tribunnews.com/net)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima tersangka terduga teroris yang merupakan kelompok Jamaah Islamiyah di wilayah Jawa Timur.

Keterangan itu disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan di Jakarta, Selasa (9/11/2021).

“Penangkapan lima tersangka teroris di Jawa Timur, penangkapannya berlangsung pada hari ini sejak dini hari tadi,” kata Kombes Ahmad Ramadhan.

Ahmad Ramadhan mengungkapkan, penangkapan lima terduga teroris dilakukan di antaranya di Kabupaten Bojonegoro dan Sumenep.

Baca Juga: Kompolnas Ajak Masyarakat Pelajari Perkembangan Jaringan Teroris, Kenapa?

Sejumlah terduga teroris yang ditangkap merupakan orang kepercayaan salah satu petinggi Jamaah Islamiyah, Abu Fatih, dan koordinator daerah untuk jaringan kelompok Jamaah Islamiah.

Dalam perannya, terduga teroris yang ditangkap diminta untuk menyediakan senjata api hingga melakukan kaderisasi.

“Dan yang bersangkutan yang menyiapkan atau memberi paket satu senjata api jenis M16 kepada saudara HP yang telah ditangkap terdahulu,” ujarnya.

Dia lalu dikonfirmasi soal apakah penangkapan lima terduga teroris di Jawa Timur ada kaitannya dengan Kelompok Jamaah Islamiyah di Lampung.

Ahmad Ramadhan menyatakan ada, sebab dalam organisasi, Jamaah Islamiyah (JI) saling berhubungan.

Baca Juga: Kompolnas: Penyitaan Kotak Amal Milik JI di Lampung Sudah Didukung Bukti Kuat

“Jika ditanya adakah keterkaitan antara JI Lampung dengan Jawa Timur? Tentu ada kaitannya, karena dalam organisasi JI, antara wilayah A dan wilayah B ada hubungannya, baik penggalangan dana maupun pengiriman personel,” terangnya.

Saat ini, Kombes Ahmad menuturkan, proses penggeledahan rumah tersangka teroris yang ditangkap di sejumlah Kabupaten di Jawa Timur masih berlangsung.

Hal tersebut dilakukan untuk mengumpulkan barang bukti sekaligus pendalaman terhadap kasus penyebaran kotak amal untuk pendanaan terorisme.

Sebelumnya, kepolisian juga telah menangkap 8 terduga teroris kelompok Jamaah Islamiyah di Lampung.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x