Kompas TV nasional peristiwa

KM Liberty 1 Tenggelam, Tim SAR Gabungan Temukan Lifejaket, Logistik, hingga Tumpahan Minyak

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 07:56 WIB
km-liberty-1-tenggelam-tim-sar-gabungan-temukan-lifejaket-logistik-hingga-tumpahan-minyak
Lifejaket milik KM Liberty 1 yang ditemukan mengapung di perairan utara Bali, Kamis (28/10/2021). (Sumber: Dok. Basarnas Bali)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

BALI, KOMPAS.TV - Tim gabungan pencarian kapal kargo KM Liberty 1 yang tenggelam di perairan utara Bali menemukan sejumlah barang yang diduga milik kapal karam akibat badai ini.

Adapun barang yang ditemukan, yakni jaket dan logistik seperti makanan ringan, mi instan, sandal, kaleng cat, dan air mineral. Bahkan, pihaknya juga menemukan tumpahan minyak di koordinat 07°59.471' S - 115° 20.462' T.

"Banyak tumpahan minyak serta muatan yang ditemukan oleh KRI SINGA-651. Penemuan tersebut berjarak sekitar 25 NM arah barat daya dari lokasi tenggelamnya KM Liberty 1,"  kata SAR Mission Coordinator Basarnas Bali Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Daftar Nama ABK KM Liberty I yang Tenggelam di Perairan Utara Bali

"Sementara itu, Kapal Basarnas juga menemukan beberapa lifejaket."

Sementara itu, menurut Komandan KRI Singa 651 Letkol Laut (P) Andi Kristianto dalam pencarian 7 orang anak buah kapal (ABK) KM Liberty 1 pihaknya menurunkan sejumlah alutsista.

Alutsista yang diturunkan, yakni dua Kapal Republik Indonesia (KRI) dengan nama KRI Singa 651 serta KRI Terapang 648 dan satu pesawat TNI AL.

"Kami mengerahkan KRI Singa 651 dan KRI Terapang 648. Turut serta pesawat patroli maritim CN-235," kata Komandan KRI Singa 651, Letkol Laut (P) Andi Kristianto dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, upaya pencarian ABK KM Liberty 1 yang masih hilang dilakukan dengan melaksanakan manuver serta pengiriman pesan kepada seluruh kapal yang melintas di sekitar lokasi.

Andi menambahkan, semua temuan tersebut telah dilaporkan ke Kantor SAR Denpasar dan Pasops Lanal Denpasar.

"Sementara seluruh unsur TNI AL yang terlibat tetap melakukan upaya pencarian bersama dengan unsur Basarnas Bali dan unsur terkait lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Kapal Kargo KM Liberty I Tenggelam Dihantam Badai di Perairan Utara Bali, 7 ABK Belum Ditemukan

Sebelumnya, Kapal kargo KM Liberty 1 dilaporkan tenggelam di perairan utara Bali usai dihantam gelombang setinggi 5 meter pada Sabtu (23/10/2021). Sebanyak 7 anak buah kapal (ABK) dinyatakan hilang.

Diketahui, KM Liberty 1 lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021) pukul 00.07 WIB dini hari.

Dalam perjalanan, kapal ini diketahui diterpa badai di perairan Bali dan dinyatakan tenggelam sebelum menuju Reo Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/10) pukul 22.07 WITA.

Diketahui, ABK KM Liberty I berjumlah 15 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 7 orang dinyatakan selamat, 1 orang meninggal dunia, dan 7 orang lainnya masih belum ditemukan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x