Kompas TV nasional politik

Pilpres 2024 Masih Lama, Partai Politik Sudah Manuver

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 14:15 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pemilihan presiden 2024 masih lebih dari dua tahun lagi, tetapi ingar-bingar dan manuver politik sudah dimulai sejak sekarang.

Partai Persatuan Pembangunan mengundang 4 gubernur yang senantiasa ada di bursa calon presiden 2024 ke Musyawarah Nasional Alim Ulama.

Ada 4 gubernur diundang dewan pimpinan pusat Partai Persatuan Pembangunan atau PPP pada minggu 17 Oktober di musyawarah nasional atau Munas Alim Ulama di Semarang, Jawa Tengah.

Ada, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Kebetulan keempatnya adalah nama-nama tokoh kepala daerah yang digadang-gadang berkontestasi jadi calon presiden 2024. 

Baca Juga: Relawan Kawan Sandi Deklarasikan Sandiaga Uno Jadi Capres

Alasan mengundang 4 gubernur, menurut Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa adalah karena keempatnya merupakan tokoh yang berada di Pulau Jawa.

Namun, Suharso menampik alasan mengundang 4 gubernur karena terkait pilpres 2024. Anies sendiri mengaku senantiasa hadir bila diundang di acara PPP.

Tetapi buat Ridwan Kamil, PPP mengungkapkan telah mengenalnya sejak mendukung dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. Meski demikian, Ridwan Kamil tak ingin buru-buru memikirkan 2024.

Dalam sejumlah survei, baik Anies, Ganjar, Ridwan Kamil maupun Khofifah senantiasa masuk dalam ingatan responden.

Yang terbaru pada 7 Oktober lalu, Saiful Mujani Research and Consulting mengungkap hasilnya yang merujuk pada pilpres 2024.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ganjar dan Anies jadi tiga teratas untuk elektabilitas. Namun Ridwan Kamil dan Khofifah senantiasa dikenal dan disukai responden.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x