Kompas TV nasional kesehatan

Obat Antivirus Molnupiravir Diklaim Atasi Covid-19

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:30 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pil antivirus Molnupiravir yang diproduksi oleh perusahaan farmasi asal Amerika Serikat diklaim mampu mengurangi separuh risiko kematian dan perawatan di rumah sakit akibat covid-19. 

Status pil antivirus ini kini sedang dalam proses permohonan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization di Amerika Serikat.

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Merck mengklaim berhasil mengembangkan obat covid-19. Obat antivirus bernama Molnupiravir ini diklaim mampu mengurangi separuh risiko kematian dan perawatan inap di rumah sakit akibat covid-19.

Klaim itu didasarkan pada data uji klinis tahap tiga yang melibatkan 775 pasien dengan gejala covid-19 ringan ataupun sedang selama 5 hari.

Dilansir dari reuters, data perusahaan farmasi tersebut menyatakan obat Molnupiravir bekerja dengan mengacaukan kode genetik virus corona. 

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia, IDI, Zubairi Jurban mengatakan uji klinis ketiga di Amerika Serikat memang menunjukkan manfaat Molnupiravir salah satunya untuk mengurangi beberapa penyakit yang disebabkan virus.

Baca Juga: Mengenal Molnupiravir, Calon Pil untuk Pasien Covid-19

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Asia Tenggara mengatakan adanya obat antivirus covid-19 oral, mampu membantu penanganan covid-19.

Dalam dua minggu ke depan, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Merck akan mengajukan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk obat antivirus ini di Amerika Serikat.

Produsen obat ini menyatakan Molnupiravir berpotensi menjadi obat antivirus covid-19 oral pertama di dunia, jika disetujui lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, FDA.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x