Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 09:04 WIB
jokowi-pimpin-upacara-peringatan-hari-kesaktian-pancasila-di-lubang-buaya
Presiden Joko Widodo pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Pada kesempatan itu, hadir juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi Ibu Wakil Presiden Wuri Ma'ruf Amin.

Dimulai pukul 08.00 WIB, dalam upacara ini Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi yang telah gugur.

"Untuk mengenang jasa pahlawan dan pejuang bangsa, utamanya pahlawan-pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Setelahnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti. Kemudian dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Susunan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021 di Monumen Pancasila Sakti

Lalu, ikrar dibacakan Ketua DPR RI Puan Maharani dan pembacaan doa yang dibacakan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Choumas.

Upacara yang akan berlangsung dengan mengusung tema "Indonesia Tanggung Berlandaskan Pancasila" ini dilaksanakan sesuai Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Selain itu, dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara digelar dengan sesuai protokol kesehatan dengan peserta upacara hadir secara daring.

Tak hanya di Lubang Buaya, pemerintah juga meminta sejumlah pemerintah provinsi/kabupaten/kota di setiap daerah untuk turut serta menggelar di kantor masing-masing.

Kendati demikian, pemerintah hanya mengizinkan penyelenggaraan upacara ini di daerah yang telah masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Baca Juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S

Sementara itu, bagi sejumlah pegawai instansi di wilayah PPKM Level 3 dan 4 diharapkan mengikuti secara daring atau menyaksikan langsung di televisi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x