Kompas TV nasional update

Donasi 796.800 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Italia Tiba di Indonesia

Kompas.tv - 30 September 2021, 18:29 WIB
donasi-796-800-dosis-vaksin-astrazeneca-dari-pemerintah-italia-tiba-di-indonesia
Seorang tenaga kesehatan menunjukkan botol berisi vaksin Astrazeneca di Stuttgart, Jerman, Jumat (19/3/2021). (Sumber: Marijan Murat / dpa via AP)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia menerima 796.800 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dari pemerintah Italia, Kamis (30/9/2021).

Kedatangan vaksin tahap ke-80 yang diperoleh melalui skema Covax Facility ke tanah air membuat total vaksin yang diterima, baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi mencapai 274.400.590 dosis.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Italia. Saya juga langsung mengirim pesan kepada Menteri Luar Negeri Italia untuk secara langsung menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang diberikan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Retno juga menyebut pada Sabtu (2/10/2021), Indonesia dijadwalkan kembali menerima 600 ribu vaksin AstraZeneca dari pemerintah Prancis melalui jalur bilateral.

Dengan demikian, lanjut dia, Indonesia akan menerima 3.163.540 dosis vaksin Covid-19 dari Prancis.

Pada kesempatan itu, Retno juga memastikan bahwa pemerintah terus mengupayakan diplomasi antar negara untuk mengamankan kebutuhan vaksin rakyat Indonesia.

Menlu RI menyebut, hingga kini, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 140 juta dosis vaksin Covid-19, salah satu jumlah inokulasi terbesar di Asia, setelah China, India, dan Jepang.

Baca Juga: Survei : 70% Masyarakat Tidak Setuju Skema Vaksin Berbayar

Dia juga menuturkan, selain menyuarakan kesetaraan akses vaksin untuk semua negara, Indonesia berada di garda depan untuk memberikan masukan bagi upaya penataan ulang arsitektur kesehatan dunia agar lebih siap menghadapi tantangan kesehatan pada masa mendatang.

Indonesia, kata Retno, telah menjadi salah satu co-sponsor pengusulan sebuah International Instrument for Pandemic Preparedness and Response.

"Indonesia tergabung dalam Group of Friends of the Treaty for Pandemic Preparedness and Response," katanya.

Menurutnya, diplomasi Indonesia juga dijalankan untuk melawan diskriminasi dan politisasi terhadap vaksin.

Sementara itu, Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri mengatakan, dengan donasi 796.800 dosis vaksin AstraZeneca tersebut, Italia menunjukkan persahabatan dan dukungannya kepada Pemerintah Indonesia dalam memerangi penyebaran Covid-19 di tanah air.

Dia mengatakan, vaksin ini akan membantu mempertahankan upaya Pemerintah Indonesia untuk mempercepat kampanye vaksinasi.

"Italia telah melipatgandakan sumbangannya ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui Fasilitas Covax, dari 15 menjadi 45 juta dosis pada akhir 2021, senilai lebih dari 385 juta euro (Rp6,4 triliun)," ujarnya.

Baca Juga: Tarik Minat Warga Untuk Vaksin, Tempat Wisata Beri Tiket Masuk Gratis

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x