Kompas TV nasional peristiwa

Empat Teroris Anggota MIT Masih Buron, Tugas Satgas Madago Raya Diperpanjang Hingga Oktober 2021

Kompas.tv - 29 September 2021, 18:02 WIB
empat-teroris-anggota-mit-masih-buron-tugas-satgas-madago-raya-diperpanjang-hingga-oktober-2021
Satgas Operasi Madago Raya menerbitkan selebaran empat DPO MIT Poso, Selasa (21/9/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant/HO-Satgas Madago Raya)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

PALU, KOMPAS.TV - Masa tugas Satgas Operasi Madago Raya diperpanjang hingga awal Oktober, bersamaan dengan tersisanya 4 orang anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

Menurut juru bicara Satgas Operasi Madago Raya Kombes Pol Didik Supranoto dalam masa perpanjangan ini, pihaknya tidak hanya fokus pada upaya pengejaran melainkan juga upaya persuasif.

"Selain melakukan pengejaran, Satgas Madago Raya juga berupaya persuasif agar sisa DPO mau menyerah kan diri, bahkan mengurangi adanya simpatisan baru yang hendak bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur Poso," kata Didik Supranoto kepada Kompas TV, Rabu (29/9/2021).

Adapun wilayah operasi Satgas Madago Raya mencakup Kabupaten Poso, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Hingga kini, Satgas Madago Raya masih melibatkan sejumlah personel gabungan baik dari TNI maupun Polri untuk mengejar sisa DPO.

Selama masa pengejaran, pihaknya menjamin keamanan warga di pedalaman tiga kabupaten tersebut. Selain itu, Satgas Madago Raya juga mendirikan sejumlah pos di setiap titik rawan perlintasan MIT.

"Selain mengejar sisa DPO, satgas juga akan menjamin keamanan warga di pedalaman di tiga kabupaten. Sejumlah pos sekat kejar telah didirikan di titik rawan perlintasan kelompok itu," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, tewasnya pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora dalam kontak senjata dengan Satgas Madago Raya pekan lalu tak menyurutkan upaya pengejaran terhadap anggota-anggota kelompok teroris tersebut yang tersisa. 

Terkini, Satgas Madago Raya mengeluarkan selebaran yang berisikan foto wajah empat teroris MIT Poso yang masuk daftar pencarian orang (DPO) atau buronan.

Wakil Kepala Satgas Humas Ops Madago Raya AKBP Bronto Budiono mengatakan, selebaran tersebut dikeluarkan untuk memudahkan upaya pengejaran terhadap anggota MIT tersisa yang masuk DPO.

Ia menyebutkan empat DPO teroris Poso yang tersisa masing-masing bernama Askar alias Pak Guru, Mukhlas alias Nae, Ahmad Gazali alias Ahmad Panjang, dan Suhardin alias Hasan Pranata.

"Pascakontak senjata yang menewaskan pimpinan MIT Poso dan seorang anggota lainnya, Satgas Operasi Madago Raya terus mengintensifkan perburuan terhadap sisa DPO teroris Poso yang berjumlah empat orang," kata Bronto seperti dilansir dari Antara, Selasa (21/9/2021).

Dalam selebaran tersebut, pihaknya juga mengimbau peran aktif masyarakat untuk melapor apabila melihat anggota teroris MIT Poso tersebut.

Masyarakat dapat melaporkannya ke Polres Poso di nomor telepon 0852-9856-2999 atau Polres Sigi di nomor 0821-9069-191 dan Polres Parimo di nomor 0822-6008-8723.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.