Kompas TV nasional berkas kompas

Inovasi Digital Kala Pandemi - Awas! Kebocoran Data Sertifikat Vaksin - Berkas Kompas (3)

Kompas.tv - 24 September 2021, 23:03 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Aturan kewajiban vaksinasi dan verifikasinya via aplikasi PeduliLindungi menuai pro kontra di masyarakat. Di tengah percepatan digitalisasi selama pandemi, faktanya kualitas digital Indonesia masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan studi Digital Quality Index 2020, Indonesia berada pada peringkat ke-71 dari 85 negara dan menunjukkan tertinggal dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Studi yang sama menunjukkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan kualitas internet yang buruk.

Rata-rata, hanya sekitar 32 dari 100 orang yang menggunakan internet. Infrastruktur elektronik Indonesia pun masih tergolong rendah.

Di sisi lain, percepatan digitalisasi kala pandemi terbukti mampu mendorong masyarakat berinovasi digital. Salah satunya dilakukan Pemerintah Desa Gamping, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Perangkat desa merintis aplikasi Gamping Online (GAOL). Awalnya, aplikasi ini guna memudahkan pelayanan surat menyurat agar warga tidak perlu datang ke kantor desa saat kasus Covid-19 melonjak. Kini, aplikasi GAOL dikembangkan sebagai wadah pemasaran daring dari UMKM milik masyarakat desa.

Meski demikian, bagaimana upaya negara memperluas jaringan dan infrastruktur internet serta menjamin keamanan data masyarakat terjaga?

Simak jawabannya dalam berkas kompas episode Awas! Kebocoran Data Sertifikat Vaksin bagian ketiga berikut ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x