Kompas TV nasional sapa indonesia

Kapal Perang China Masuk ke Perairan Natuna Utara, Nelayan Takut Untuk Melaut

Kompas.tv - 17 September 2021, 12:12 WIB
Penulis : Dea Davina

NATUNA UTARA, KOMPAS.TV - Video amatir yang sempat direkam seorang nelayan Natuna memperlihatkan, kapal perang asing milik Tiongkok, mondar-mandir di Perairan Natuna Utara Kepulauan Riau 13 September lalu.

Kapal perang jenis perusak milik Tiongkok ini, berada di perairan zona ekonomi eksklusif atau ZEE Natuna Utara.

Menurut sejumlah nelayan, kapal perang Tiongkok itu terlihat sejak Agustus lalu.  

Dengan adanya kapal perang milik negara asing yang masuk ke wilayah RI, membuat para nelayan menjadi khawatir dan tidak berani untuk melaut.

Selain kapal perang Tiongkok, kapal coast guard asing lainya milik negara Vietnam juga kerap memasuki perairan Natuna Utara.

Berkaitan kasus ini, PBB telah mengatur ketentuan ZEE melalui United Nations Convention on The Law of The Sea, UNCLOS, atau konvensi perserikatan bangsa-bangsa tentang hukum laut. 

Memang, dalam aturan itu, tidak menyebutkan aktivitas militer sebagai salah satu hak yang diizinkan atau tidak, untuk masuk ke kawasan ZEE.

Kejadian inipun mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Menanggapi hal ini, pemerintah akan bertindak tegas terkait pelanggaran kapal perang Tiongkok yang melakukan aktivitas di wilayah zona ekonomi eksklusif Natuna Utara.

Kapal milik asing yang secara bebas keluar masuk wilayah Natuna Utara bukan kali ini saja terjadi.

Kini tinggal menunggu ketegasan dari pemerintah, untuk menindaklanjuti masuknya kapal perang milik Tiongkok itu.

Karena penting bagi Indonesia, untuk menunjukkan keberanian ketika ada pihak asing, yang berusaha mengusik hak berdaulat Indonesia di wilayah Natuna Utara. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x