Kompas TV nasional berita kompas tv

4 Pemuka Agama Menjadi Korban Kekerasan

Kompas.tv - 19 Februari 2018, 20:05 WIB

Terakhir menimpa Hakam Mubarok pimpinan Pondok Pesantren Muhamadiyah Karangasem Lamongan, Jawa Timur. Kekerasan terhadap pemuka agama belum berhenti. Jika dirunut ke belakang pimpinan Pondok Pesantren Muhamadiyah Karangasem Lamongan Hakam Mubarok menjadi korban ke-4 yang mendapat kekerasan. Penyebabnya sepele pelaku yang saat itu berada di pendopo pesantren tak terima karena diminta pindah. Pria itu pun menantang mubarok dan melepaskan pukulan. Belakangan pelaku diketahui mengalami gangguan jiwa.

Minggu pagi 11 Februari duka juga menimpa pemuka agama. Seorang tak dikenal tiba-tiba masuk ke Gereja Santa Lidwina di Sleman Yogyakarta. Di tengah ibadah pelaku yang diketahui bernama Suliono menyerang jemaat yang tengah beribadah. Satu korban luka adalah pemuka agama Romo Karl Edmund Prier.

Kekerasan sebelumnya juga menimpa dua pemuka agama di Jawa Barat. Kejadian akhir Januari lalu menimpa Emon Umar Basyri pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah Bandung Barat. Namun menurut polisi pelaku mengalami gangguan jiwa. Di awal Februari kekerasan kembali berulang. Kali ini H. R. Prawoto pemuka agama dari Persatuan Islam Indonesia meninggal karena dianiaya pelaku.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x