Kompas TV nasional politik

Pembagian Bingkisan Jokowi di Cirebon Timbulkan Kerumunan, PKB: Amat Disayangkan

Kompas.tv - 1 September 2021, 19:27 WIB
pembagian-bingkisan-jokowi-di-cirebon-timbulkan-kerumunan-pkb-amat-disayangkan
Jazilul Fawaid (Sumber: -)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyayangkan terjadinya peristiwa pembagian bingkisan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021), yang menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. 

Wakil Ketua MPR itu berharap dari seluruh masyarakat yang hadir dan berdesakan saat itu terhindar dari paparan virus Covid-19. 

"Saya menyayangkan bila ada kegiatan yang kurang tertib dan antisipatif sehingga memancing kerumunan atau desak desakan," kata Jazilul kepada Kompas TV, Rabu (1/9/2021). 

Baca Juga: PKS Minta Jokowi Setop Kegiatan Bagi-bagi Bingkisan yang Picu Kerumunan Warga

Ia mempertanyakan kerja dari para Satgas Covid-19 di daerah itu, karena seharusnya mereka bisa melakukan pencegahan, sehingga kerumunan tersebut tak terjadi. 

"Setahu saya satgas covid dan aparat ketertiban selalu siaga penuh, bahkan ada yang terpaksa dibubarkan. Aneh, yang hadir RI 1 kok malah terkesan kurang sigap," ujarnya. 

Meski begitu, dirinya tak mempermasalahkan ihwal niat baik dari Presiden Jokowi yang ingin memberikan bantuan ke masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat mewabahnya virus Corona. 

"Tidak ada masalah membagi sembako atau sedekah itu dapat dilakukan siapa saja dari RT, lurah, camat sampai Presiden. Tentu dengan prokes ketat dan tanpa kerumunan," katanya.

Seperti diketahui, dalam kunjungan kerja Kepala Negara ke Kota Udang itu  dalam rangka meninjau proses vaksinasi.

Saat itu, Presiden Jokowi juga membagikan sejumlah bingkisan kepada warga di RW 05 Pengampaan, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Nah, sebelum meninggalkan lokasi, orang nomor satu di Tanah Air itu membagi-bagikan bingkisan kepada warga yang sudah menunggu di sepanjang perjalanan.

Selain menyapa dan ngobrol ringan dengan warga, Jokowi membagikan bingkisan, termasuk kepada warga yang sudah menunggu di seberang saluran air.

Namun karena kondisi cukup ramai, beberapa bingkisan pun jatuh ke saluran air.

Baca Juga: PAN: Presiden Jokowi Tak Semestinya Bagikan Bingkisan Langsung hingga Picu Kerumunan

Warga pun tak menyia-nyiakan bingkisan yang jatuh ke saluran air yang keruh itu. Mereka langsung terjun untuk mengambil bingkisan yang terbungkus plastik transparan.

Pemandangan ini terekam dalam video yang beredar. Tampak beberapa seorang lelaki dewasa dan seorang anak-anak memungut bingkisan itu. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x