Kompas TV nasional peristiwa

Benda Mencurigakan Mirip Bom Ditemukan di Bekasi, Polisi: Sudah Dimusnahkan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 16:07 WIB
benda-mencurigakan-mirip-bom-ditemukan-di-bekasi-polisi-sudah-dimusnahkan
Lokasi penemuan benda mencurigakan di Kampung Caman Baru, Bekasi Barat. (Sumber: TRIBUN JAKARTA/YUSUF BACHTIAR)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

BEKASI, KOMPAS.TV - Sebuah benda mencurigakan diduga bom ditemukan di tong sampah di Jalan Caman Raya, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi, pada Senin (23/8/2021).

Mengetahui informasi penemuan itu, pihak kepolisian langsung mengerahkan tim gegana ke lokasi untuk memastikan benda mencurigakan tersebut.

Baca Juga: Bukan Ledakan Bom, Polisi Sebut Plafon Margo City Ambruk Karena Jatuhnya Lift Barang

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Aloysius Suprijadi, mengatakan berdasarkan keterangan saksi, terlihat tiga orang membuang benda mencurigakan tersebut.

Saat membuang benda itu, kata Aloysius, mereka menumpang sepeda motor matic berwarna hitam dan memakai masker bermotif tengkorak.

"Salah seorang pengendara kendaraan roda dua menggunakan sorban yang dililitkan di leher membuang sesuatu benda ke tempat tong sampah warna biru," kata Aloysius kepada wartawan pada Senin (23/8/2021).

Baca Juga: Polisi: Suara Ledakan di Margo City Mall Akibat Gipsum Ambruk, Bukan Bom

"Setelah membuang sesuatu benda, selanjutnya ketiga orang tersebut meninggalkan lokasi ke arah Jalan KH Noer Ali Kalimalang."

Menurut Aloysius, benda mencurigakan itu terbungkus plastik hitam, berbentuk bulat panjang, dan ada rangkaian kabel warna putih yang dilapisi perekat.

Benda diduga bom itu ditemukan warga di tong sampah pada pukul 09.00 WIB. Area di sekitar lokasi langsung disterilkan. Tong sampah biru itu dipasang tanda garis polisi.

Baca Juga: Hingga Terjunkan Tim Gegana, Polisi Beberkan Penyebab Suara Seperti Ledakan di Margo City

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Gegana, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, memastikan bahwa benda mencurigakan menyerupai bom itu tidak mengandung bahan peledak.

"Jadi keterangan sekarang awal ini adalah bahwa memang menyerupai (bom), tetapi tidak ada alat pemicunya (bahan peledak), cuma kabel-kabel saja," ujar Yusri.

Setelah dipastikan tidak mengandung bahan peledak, tim gegana kemudian memusnahkan benda mencurigakan tersebut.

Baca Juga: Gegana: Bom Lontong Milik Terduga Teroris MIT Bisa Mematikan di Radius 30 Meter

"Itu sudah diolah TKP dari Brimob, dari teman-teman gegana, kemudian secara SOP juga kami lakukan disposal (dimusnahkan) setelah dilakukan penyelidikan, pengecekan," kata Yusri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x