Kompas TV nasional kesehatan

Perhatian! Antisipasi Badai Sitokin Pada Pasien Covid-19

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 01:25 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, atau PAPDI meminta masyarakat khususnya pasien covid-19 segera memeriksakan diri bila kondisinya memburuk di minggu kedua setelah positif covid untuk menghindari badai sitokin.

Badai sitokin adalah lonjakan reaksi inflamasi berlebihan, atau peradangan di seluruh tubuh, akibat infeksi dari virus ke sel tubuh kita. Pasien covid diminta segera memeriksakan kondisi kesehatannya, apabila gejala tak kunjung membaik, atau bahkan timbul gejala tambahan.

Proses penyembuhan badai sitokin tidak mudah, tetapi bisa disembuhkan, dengan pemberian antivirus dan tindakan anti-inflamasi, seperti pemberian plasma konvalesen, atau plasma exchange.

Kasus badai sitokin, juga sempat dialami Selebritas Deddy Corbuzier. Dalam kanal YouTube-nya, Deddy Corbuzier menceritakan dirinya sempat kritis, dan hampir meninggal. Saat masih terinfeksi covid-19, Deddy termasuk yang tanpa gejala.

Namun kondisinya memburuk, dengan mengalami demam tinggi dan vertigo, di minggu kedua, saat sudah dinyatakan negatif covid-19. Setelah jalani tes toraks, kondisi paru-paru Deddy buruk, dan ia didiagnosis mengalami badai sitokin. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x