Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Ajak Tokoh Agama Imbau Warga Terpapar Covid-19 Lakukan Isoter

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 00:43 WIB
luhut-ajak-tokoh-agama-imbau-warga-terpapar-covid-19-lakukan-isoter
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak semua tokoh agama untuk bersedia mengedukasi masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk mau dibawa ke isolasi terpusat (Isoter). 

Tokoh agama dinilai memiliki peran penting dalam meluruskan atau mengedukasi umat terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Mengingat tokoh agama merupakan suri tauladan di tengah-tengah masyarakat. 

Hal ini disampaikan Luhut dalam forum diskusi bersama seluruh pemuka agama di Indonesia secara virtual, Jumat (20/8/2021). 

Dalam forum tersebut, turut hadir Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

"Jangan malu kalau terkena, kalau bisa segera diajak untuk dirawat di isoter, dan jangan berkecil hati,” kata Luhut dalam keterangan persnya, yang dikutip Sabtu (21/8/2021). 

Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengajak para tokoh agama tersebut untuk berkolaborasi dalam mengendalikan Pandemi Covid-19.

Adapun yang dimaksud dengan bersama-sama mengimbau para umat beragama agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan) secara disiplin.

Baca Juga: PPKM Terus Diperpanjang Setiap Minggu, Luhut Buka-bukaan Jelaskan Alasannya

Dia juga menegaskan pentingnya vaksinasi Covid-19 serta upaya 3T ( testing,tracing dan treatment) dalam menekan laju penularan virus corona. 

“Indonesia kini telah berangsur-angsur membaik, tetapi kita harus tetap waspada dan tidak lelah untuk mengajak masyarakat bersama-sama melawan pandemi ini,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bagaimana tokoh agama memegang penting khususnya pada situasi pandemi saat ini.

Menurut penuturannya, banyak masyarakat bertumpu pada tokoh agama untuk mendapatkan validasi informasi terkait pandemi.

“Untuk itu, kami mengimbau agar di tiap-tiap khotbah, ceramah agama dapat diselipkan nilai-nilai penanganan pandemi ini terus disosialisasikan,” ujar Yaqut.

Tak hanya itu, Menag juga meminta agar di setiap pesantren nantinya dianjurkan untuk melaksanakan vaksin bersama dan akan diberikan masker gratis.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Fluktuatif, Menlu Imbau Masyarakat Tetap Waspada

 



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi


BERITA LAINNYA



Close Ads x