Kompas TV nasional kesehatan

Penting Untuk yang Belum Tahu, Ini Bedanya Beser dan Mengompol

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 20:18 WIB
penting-untuk-yang-belum-tahu-ini-bedanya-beser-dan-mengompol
Ilustrasi toilet. Hal yang kurang nyaman kerap dialami, seperti pipis tak tertahankan tanpa kendali, sering disebut beser atau ngompol, tapi tenang ada solusinya. (Sumber: Unsplash/Giorgio Trovato)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hal yang kurang nyaman kerap dialami sebagian masyarakat, seperti pipis tak tertahankan tanpa kendali, tapi tenang ada solusinya. Ada beberapa istilah untuk pipis tanpa kendali tersebut, seperti beser dan mengompol.

Menurut Prof Dr dr Siti Setiati dari Divisi Geriati Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, beser dan ngompol termasuk dua masalah yang bisa dialami siapa saja mulai dari anak-anak hingga lansia. Seperti dilansir Antara, Kamis (19/09/2021).

Ternyata ada bedanya loh, beser dan mengompol, dan ada jalan keluarnya.

Beser (overactive bladder atau OAB) adalah gangguan fungsi berkemih atau gangguan penyimpanan urine di kandung kemih yang ditandai keinginan berkemih tak tertahankan, tiba-tiba dan diikuti berkemih berkali-kali.

Dari sisi frekuensi berkemih, mereka yang beser bisa buang air kecil 8 kali atau lebih dalam 24 jam. Padahal, orang normal biasanya 4-5 jam sekali atau maksimal 6 kali dalam sehari.

Sementara mengompol (inkontinensia) adalah kondisi ketika seseorang tidak dapat menahan atau mengendalikan keluarnya urine dan ini umumnya kelanjutan dari OAB. 

"Masalah beser dan ngompol bukan pada lansia saja, lintas umur. Beser itu belum sampai mengompol, kalau mengompol kelanjutan beser," ujar Prof Siti dalam sebuah edukasi media secara virtual, Kamis.

Menurut Prof Siti, baik beser maupun mengompol tak bisa dianggap masalah biasa karena dapat menurunkan kualitas hidup, yang dimulai dari gangguan tidur akibat sering terbangun di malam hari untuk berkemih, sulit beraktivitas, khawatir tak bisa menemukan kamar mandi bila ingin bepergian dan lainnya.

Baca Juga: 5 Hal Berbahaya Ini Bakal Muncul Saat Kamu Sering Menahan Kencing, Waspadalah!

Ilustrasi buang air kecil atau kencing. (Sumber: Shutterstock)

Pada mereka, terutama lansia, sering buang air kecil dan terburu-buru karena tidak bisa menahannya bisa meningkatkan risiko jatuh.

Di sisi lain, popok atau pembalut dianggap bukan solusi karena bisa menyebabkan masalah baru yakni ruam-ruam hingga lecet pada bokong.

Beberapa penyebab mengompol dan beser dapat diperbaiki tanpa obat-obatan, sehingga pasien tidak perlu terlalu terburu-buru meminum obat. Tenaga medis pasti akan melakukan pengkajian yang lebih menyeluruh terlebih dahulu sebelum memberikan obat.

Sebelum obat, mengatasi kedua masalah ini bisa melalui sejumlah cara antara lain, pembatasan asupan minum, tidak minum 2 jam sebelum tidur, mengurangi konsumsi kafein, alkohol, minuman bersoda, minuman manis, berhenti merokok, menurunkan berat badan bila sebelumnya mengalami kelebihan bobot, bladder retaining.

Selain itu, latihan  yang berfokus pada otot dasar panggul juga bisa dilakukan untuk membantu.

 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x