Kompas TV nasional peristiwa

Ketum PBNU: Kita Bersyukur Bangsa Indonesia Memiliki Beberapa Ormas

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 20:39 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj, menyebut pentingnya menjaga silaturrahim dan persatuan nasional, antara lain dengan membangun dialog dengan ormas.

Kiai Said menyebut besarnya peran ormas Islam dalam ikut mendirikan negara Republik Indonesia.

"Silaturahim diharapkan terus dilakukan selain dari pada imbauan Al-Qur’an, juga untuk menjaga persatuan nasional," papar KH. Said Aqil yang juga adalah Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).

Kiai Said mencontohkan, berbagai pertikaian yang terjadi di kawasan timur tengah antara lain karena di negara-negara itu tidak ada ormas yang besar, yang bisa mempersatukan ummat.

“Di Indonesia, Alhamdulillah kita memiliki ormas-ormas Islam yang punya peran penting, tidak hanya ikut mendirikan negara, tapi juga menguatkan dan mempersatukan umat dan anak bangsa dari berbagai latar belakang partai politik yang berbeda," ujar Kiai Said.

Pernyataan tersebut disampaikan Kiai Said dalam dialog virtual bersama Menko Polhukam Mahfud MD dan 13 pimpinan ormas yang tergabung dalam LPOI, pada Jumat, (13/8/2021) malam.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x