Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Beri Bonus Rp100 Juta Bagi Seluruh Atlet dan Pelatih di Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 13:12 WIB
jokowi-beri-bonus-rp100-juta-bagi-seluruh-atlet-dan-pelatih-di-olimpiade-tokyo-2020
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh atlet dan pelatih kontingen dalam Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi atau bonus sebesar Rp100 juta. (Sumber: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh atlet dan pelatih kontingen dalam Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi atau bonus sebesar Rp100 juta.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara simbolis penyerahan apresiasi bagi atlet di Istana Bogor, Jumat (13/8/2021).

Diperjelas oleh Menpora RI Zainudin Amali, bonus tersebut berlaku untuk atlet dan pelatih yang tak menyumbang medali di Olimpiade Tokyo 2020.

"Betul atlet dan pelatih nonmedali akan mendapat bonus Rp100 juta dari pemerintah," kata Amali, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Cair! Jokowi Resmi Berikan Bonus Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020, Greysia-Apriyani Dapat Rp5,5 M

Menurut Amali, apresiasi sebesar Rp100 juta sudah disetujui oleh Presiden Jokowi jauh hari saat para kontingen sedang menjalani karantina sepulang dari Jepang.

Sementara itu, bagi atlet yang meraih medali akan mendapat apresiasi, sebagai berikut medali emas Rp5,5 miliar, medali perak Rp2,5 miliar, dan medali perunggu sebesar Rp1,5 miliar.

Sedangkan pelatih peraih medali emas akan mendapat apresiasi dari pemerintah sebesar Rp2,5 miliar. Lalu, pelatih atlet peraih medali perak mendapat Rp1 miliar dan pelatih peraih medali perunggu sebesar Rp600 juta.

Amali menerangkan bonus apresiasi yang akan diberikan kepada atlet dan pelatih langsung disalurkan hari ini langsung ke rekening masing-masing atlet dan pelatih.

"Langsung masuk ke rekening tabungan masing-masing (atlet dan pelatih)," terang Amali.

Lebih lanjut, Amali menyebut bahwa bonus khusus atlet dan pelatih non medali ini merupakan program lanjutan dari Asian Games 2018.

Pasalnya, sejak ajang olahraga pada 2018 itu, peraih apresiasi dari negara tidak hanya untuk yang mendapatkan medali, melainkan secara menyeluruh.

Diketahui, dalam laga Olimpiade 2020 di Tokyo, Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Baca Juga: Diisukan Tak Ikut Olimpiade 2024, Ini Kata Greysia Polii | Rosi (5)

Satu medali emas berhasil didapatkan oleh pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Satu medali perak didapatkan oleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan.

Sedangkan perunggu diraih Atlet tunggal putra bulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting berhasil. Kemudian, atlet angkat besi Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x