Kompas TV nasional hukum

Jokowi Geram: Saya Tak Mau Lagi Dengar Ada Suap!

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 11:35 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Jokowi meminta tak mau lagi mendengar ada suap yang dilakukan para pejabat di pusat maupun di daerah demi menerbitkan izin usaha.

"Saya tidak mau lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi para pengusaha. Saya tidak mau lagi mendengar ada suap, semua harus dilakukan secara terbuka, secara transparan dan memudahkan para pengusaha,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga memperingatkan kepada para pejabat jika ada yang ingin mencoba-coba. Ia pun meminta kepada masyarakat atau pihak manapun untuk melaporkan kepada dirinya jika ada yang berani meminta suap.

“Jika ada pemerintah yang tidak bersih, yang mencoba-coba, laporkan pada saya," kata Jokowi dalam peluncuran sistem OSS Berbasis Risiko, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Kelanjutan PPKM Ditentukan Hari Ini, Antara Harapan Jokowi dan Jeritan Hati Dinar Candy

Jokowi ingin Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko dapat memberi kemudahan berusaha bagi UMKM dan mendorong lebih banyak wirausaha baru serta yang terpenting adalah mencegah adanya pungutan liar.

Presiden Jokowi juga mengatakan akan mengecek dan mengawasi langsung implementasi di lapangan.

"Saya akan cek langsung, saya akan awasi langsung implementasi di lapangan seperti apa. Apakah persyaratannya semakin mudah, apakah jumlah izin semakin berkurang, apakah prosesnya semakin sederhana, apakah biayanya semakin efisien, apakah standarnya sama di seluruh Indonesia, dan juga apakah layanannya semakin cepat, ini yang akan saya ikuti," katanya.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x