Kompas TV nasional peristiwa

Semarak Kemerdekaan Indonesia akan Beralih ke Digital, dari Doa Kebangsaan sampai Pentas Seni

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 06:00 WIB
semarak-kemerdekaan-indonesia-akan-beralih-ke-digital-dari-doa-kebangsaan-sampai-pentas-seni
Konferensi pers bulan kemerdekaan oleh Kominfo (Sumber: Kominfo. go.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 masih dalam kondisi pandemi. Karena itu, pemerintah sudah menyiapkan formal digital untuk menampung semarak kemerdekaan, 1-31 Agustus,  melalui aplikasi Rumah Digital Indonesia (RDI).     


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak warga Indonesia mengekspresikan diri pada Peringatan Kemerdekaan ke-76 Tahun Republik Indonesia itu.

"Rumah digital ini wujud dari suatu ekspresi yang menunjukkan semangat kita di peringatan bulan kemerdekaan. Sehingga, semangat kemerdekaan senantiasa terpancar dari setiap individu yang berada di berbagai pelosok tanah air," ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual Rumah Digital Indonesia dari Jakarta, Jumat (30/07/2021) dilansir kominfo. go.id 

Menkominfo menyatakan aplikasi Rumah Digital Indonesia merupakan inovasi yang diciptakan Pemerintah untuk mewadahi semarak hari kemerdekaan melalui ruang digital.

"Sehingga, masyarakat dapat menyalurkan kegembiraan menyambut hari kemerdekaan di tengah merebaknya wabah global Covid-19," jelasnya. 

Melalui aplikasi itu, Menteri Johnny mengharapkan setiap kegiatan yang identik dengan perayaan hari kemerdekaan dilakukan secara virtual.

Sehingga, momentum hari kemerdekaan tetap dapat berkobar terus menerus selama beberapa waktu ke depan.  "Semangat kita di peringatan bulan kemerdekaan ini tetap menyala di tengah pandemi," tandasnya.

Menkominfo menilai, perayaan kemerdekaan sangat penting diperingati setiap tahunnya oleh seluruh masyarakat di dalam negeri.

"Nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang terkandung dalam kegiatan ini sangat penting gelorakan kembali. Merayakan hari kemerdekaan kita tetap mempertahankan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme," tuturnya.

Oleh karena itu, Menteri Johnny mengundang, seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam merayakan hari kemerdekaan melalui aplikasi tersebut. Mengingat, banyak hal positif yang akan didapatkan oleh masyarakat ketika menggunakan aplikasi itu. 

Menkominfo menyatakan masyarakat dapat mengikuti berbagai hal perlombaan yang identik dengan hari kemerdekaan secara virtual, memperkenalkan daerahnya masing-masing, dan mendapatkan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan digitalisasi. 

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut, agenda selama peringatan proklamasi mulai dari yang khidmat hingga pentas seni yang menghibur. 

“Setiap tahun kegiatan yang sifatnya festive itu berbeda-beda, yang sama itu adalah doa kebangsaan, yang sama lagi adalah acara kenegaraan, misalnya Pengukuhan Paskibraka, Penganugerahan Tanda Kehormatan, ada Pidato Kenegaraan, kemudian ada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, dan lain-lain,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan pers tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia (RDI), secara virtual dari Jakarta, Jumat (30/07/2021).


lebih jauh, RDI juga akan menayangkan rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, beragam pertunjukkan seni, panggung hiburan, permainan khas kemerdekaan, pasar digital produk usaha mikro, kecil, dan menengah unggulan, serta kegiatan lainnya yang kesemuanya dikemas secara digital.

“Arenanya digital, jadi semangatnya, kemeriahannya, tetap sama, ruangnya beda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama. Berusaha berkontribusi untuk kemajuan dan kemanusiaan tetap sama, tetapi arenanya memang akan banyak digeser ke arena virtual,” pungkas Pratikno.



Sumber : Kompas TV/kominfo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.