Kompas TV nasional kesehatan

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Ginjal Agar Tak Jauh Lebih Parah?

Kompas.tv - 22 Juli 2021, 13:27 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Segmen Sehat di Tengah Pandemi tempat Anda bertanya seputar kesehatan Anda, terlebih di saat Anda ragu untuk ke rumah sakit akibat pandemi covid-19.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui instagram @sapaindonesia_kompastv, sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini di nomor 021-5366-0500.

Kali ini sudah ada dokter Eka Ginanjar, dokter spesialis penyakit dalam. Langsung saja kita bacakan pertanyaan yang terpilih melalui Instagram.

@Rioherlambanputra: Kakek saya pasien dengan umur 65 tahun, ada penyakit hipertensi dan diabetes, sekarang ada kena ginjal kronis. Cara mencegah ginjalnya tidak lebih parah gimana ya dokter? Terimakasih.

@Riokusuma94: Ibu saya mengalami gula darah tinggi sampai 600 dan ibu saya mengalami gagal ginjal dan jantung bengkak, dan dokter mengatakan ibu saya harus cuci darah. Tapi dokter mengatakan ibu saya hanya perlu mencuci darah 1x karena itu hanya untuk memancing. Maksudnya bagaimana ya dok? Makasih.

@Rahmatbudianto: Dok saya Rahmat 23 tahun jadi tubuh saya sering memar tiba-tiba dan muncul bintik-bintik merah. Pada malam hari saya sering merasa demam disertai mimisan dan susah bernafas, hidung terasa sangat mampet. Mohon penjelasannya saya sakit apa dok?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x