Kompas TV nasional kesehatan

Pemerintah Bagikan 300.000 Paket Obat Terapi Covid-19 Secara Gratis

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 22:09 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan membagikan paket obat terapi covid-19 secara gratis kepada pasien covid-19 yang kurang mampu, khususnya bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sebanyak 300.000 paket obat terapi akan mulai dibagikan Rabu besok kepada pasien gejala ringan dan tanpa gejala atau OTG.

Sementara, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin akan melibatkan TNI dan Polri untuk mendistribusikan obat terapi covid-19 bagi pasien isolasi mandiri.

Pelibatan TNI Polri ini untuk daerah-daerah yang tidak terhubung dengan telemedicine atau konsultasi online. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku siap memberikan obat trapi gratis kepada warga yang isolasi mandiri.

Ridwan Kamil sudah menjalin kesepakatan dengan 10 perusahaan farmasi untuk menjamin ketersediaan obat.

Warga yang menjalani isolasi mandiri juga perlu mendapat perhatian.

Data dari lapor covid-19 menyebut hingga 12 Juli kemarin tercatat 450 pasien covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri di seluruh Indonesia.

"Yang kami temukan di Jawa Barat 160 pasien isolasi mandiri yang meninggal, lalu di Yogyakarta, Banten, Jawa Timur, DKI dan seterusnya. Jumlah yang terdata ini fenomena gunung es, belum semua terlaporkan.” Kata Co-Inisiator Lapor Covid-19, Ahmad Arif seperti kami kutip dari Kompas.com.

Semua masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan ketat, agar kasus positif corona di Tanah Air tak terus bertambah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x