Kompas TV nasional update

Mulai Dikerjakan Hari Ini, Paviliun Kirana RSCM Diubah Jadi RS Khusus Covid: Total 390 Tempat Tidur

Kompas.tv - 13 Juli 2021, 08:52 WIB
mulai-dikerjakan-hari-ini-paviliun-kirana-rscm-diubah-jadi-rs-khusus-covid-total-390-tempat-tidur
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Sumber: Kementerian PUPR via Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah resmi mengubah Paviliun Kirana, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta sebagai RS khusus Covid-19. Hal itu diputuskan oleh pemerintah dalam rapat terbatas secara daring tentang penanganan Covid-19, Senin (12/7/2021).

"Kami baru saja mendapat penugasan dari Bapak Menteri Kesehatan untuk menyiapkan rumah sakit Kirana, atau Paviliun Kirana RSCM menjadi Rumah Sakit Covid, yaitu di lantai 3, 4, dan 5, serta lantai 8, 9, 10 dengan total 390 tempat tidur nantinya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan daring usai ratas, Senin (12/7/2021).

Untuk proses pengerjaannya, Basuki mengatakan sudah membicarakannya dengan pihak RSCM. "Siang ini (Senin) kami bersama dengan direktur RSCM dan Dirjen Pelayanan Kesehatan bertemu dan memfinalisasi desainnya karena ini tadinya merupakan RS anak lalu kita desain menjadi RS Covid-19," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Asrama Haji Pondok Gede Sebagai RS Covid-19, Mulai Beroperasi Besok

Kendati begitu, Basuki mengaku persiapan konversi tersebut agak berat karena paviliun itu menjadi bagian dari bangunan RS yang belum selesai sejak 2011. Kondisi di lapangan masih banyak kekurangan dan segera diselesaikan pemerintah.

"Insya Allah nanti malam atau besok [Selasa - red] pagi sudah mulai bekerja. Paling lambat tiga minggu akan bisa kita manfaatkan atau kita siapkan operasional RS Covid-19," kata Basuki.

Menteri PUPR juga menyampaikan gedung lain di Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede, termasuk gedung untuk para tenaga kesehatan, masih dalam proses renovasi dan secara bertahap akan segera dioperasikan. 

“Di samping untuk menyiapkan ruangan-ruangan, kami juga meng-install tangki liquid oksigen yang hari ini insyaallah akan selesai kita install karena baru tadi malam jam 11 masuk dari Cilegon, sehingga langsung kita install pada hari ini. Mudah-mudahan malam nanti sudah selesai,” imbuhnya.

Basuki pun memastikan tiga menara yang sebelumnya ditinjau langsung oleh Presiden di Rumah Susun Pasar Rumput telah siap dioperasikan. Ketiga menara ini telah dilengkapi alat kesehatan dan tempat tidur dengan jumlah total 5.952 tempat tidur.

“Tower satu, ada 689 ruangan dengan total 2.067 tempat tidur. Ini yang sudah siap dioperasikan. Kemudian tower dua sebanyak 606 unit dengan 1.818 tempat tidur, dan tower tiga, 689 unit seperti tower satu dengan 2.067 tempat tidur. Yang tower satu sekali lagi sudah siap dioperasikan sejak hari ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Rusun Pasar Rumput Siap Tampung Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x