Kompas TV nasional peristiwa

Profil Singkat Pasukan Pengamanan Presiden, Prajurit Setia Waspada

Kompas.tv - 11 Juli 2021, 21:51 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) belakangan santer dalam pemberitaan di berbagai platform media sosial. 

Salah satunya yang masih hangat adalah percekcokan yang terjadi antara petugas penjaga penyekatan PPKM Darurat dengan seorang personel Paspampres, di Jakarta Barat.

Paspampres adalah satuan elit yang personelnya berasal dari tiga matra TNI (AD, AL, AU). Satuan ini bermarkas di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Paspampres memiliki empat Grup. Grup A bertugas mengamankan Presiden RI beserta keluarga. 

Grup B bertugas mengamankan Wakil Presiden RI beserta keluarga. Grup C bertugas mengamankan tamu negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

Grup D bertugas mengamankan Presiden dan Wakil Presiden terdahulu. Grup ini adalah yang paling muda umurnya karena baru bentuk pada tahun 2014 lalu.

Selain itu, Paspampres memiliki satuan-satuan pendukung lainnya seperti Eskadron Kavaleri Panser (Dronkavser) dan Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan (Yonwalprotneg)

Satuan pendukung yang tidak kalah penting yakni; Detasemen Deteksi, Detasemen Kesehatan, Detasemen Peralatan, Detasemen Pembekalan Angkutan, Detasemen Latihan, dan Detasemen Musik Militer.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x