Kompas TV nasional peristiwa

Kreatif, Pria Ini Padukan Koleksi Mobil Mini Dengan Diorama

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 21:01 WIB
Penulis : Theo Reza

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Firman Rusdian seorang warga kota Pontianak sukses memadukan hobi koleksi mobil mini dengan membuat diorama atau replika lingkungan sekitar

Sejak 2019 lalu, pria yang kerap disapa Andes ini mengembangkan hobinya menjadi pembuat diorama.

Berbagai detail bentuk lingkungan hingga bentang alam berhasil dibuat terutama bentuk alam yang berkaitan dengan mobil seperti jalan curam pegunungan hingga jalan berbatu melewati aliran sungai.

Kemampuan ini dia dapatkan secara otodidak dan semua bentuk detailnya dibuat sendiri. yang berbekal dari sumber referensi dan hasil riset yang dilakukannya.

Diorama ini ia buat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di sekitar.

Mulai dari menggunakan styrofoam sebagai dasar bentuk utama. Detail menggunakan kawat nyamuk sebagai pagar lahan parkir, serbuk kayu menjadi pagar rumput hingga detail-detail bebatuan serta bentuk aliran sungai yang dibuat dari bahan resin.

Tak jarang, Andes harus bereksperimen untuk menghasilkan detail-detail lingkungan.

Bentuk-bentuk diorama juga tak jarang diambil dari potret lingkungan sekitarnya.

Untuk membuat satu diorama, diperlukan waktu mulai dari satu hingga dua minggu tergantung tingkat kesulitan dan ide yang ada.

Hasil-hasil karya Andes ini pun menarik perhatian penghobi diorama di kota Pontianak.

Jika ada penghobi yang tertarik, Andes mematok harga diorama kecil mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Sedangkan untuk ukuran besar mulai dari Rp 250 ribu.

Video Editor: Noval




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x