Kompas TV nasional politik

Ketua DPR Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan Kelangkaan Oksigen

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 18:52 WIB
ketua-dpr-desak-pemerintah-selesaikan-persoalan-kelangkaan-oksigen
Sejumlah warga menaruh tabung oksigen saat antre isi ulang oksigen di Depok, Jawa Barat, Senin (5/7/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mendesak pemerintah segera menyelesaikan persoalan kelangkaan oksigen di sejumlah rumah sakit. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah wilayah Jawa-Bali, karena merupakan pusat penyebaran Covid-19 di Tanah Air. 

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, saat ini persoalan yang tak kalah mendesak untuk diatasi ialah kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19," kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021). 

Menurut dia, masalah tersebut bisa ditangani lebih baik dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi digital terkait pendataan kamar rumah sakit dan oksigen. 

Baca Juga: Stok Tabung Oksigen di Kota Bandung Terbatas, Masyarakat Diminta Tak Panic Buying

"Persoalan kelangkaan oksigen ini tidak bisa diatasi dengan cara-cara reaktif semata, tetapi harus diantisipasi sedini mungkin. Pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data yang solid dan transparan hingga ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan oksigen di berbagai kota bisa dipetakan," ujarnya. 

Politikus PDIP itu juga meminta pemerintah segera mengeksekusi kebijakan mengalihkan oksigen untuk kebutuhan industri menjadi oksigen medis. 

Selain itu, pengawasan terhadap rantai pasokan oksigen dari produsen ke konsumen juga disebutnya mesti menjadi perhatian pemerintah. 

"Pemerintah sudah memutuskan 90 persen produksi oksigen nasional akan digunakan untuk kebutuhan medis. Kebijakan ini harus segera dieksekusi demi mengantisipasi situasi darurat seiring terus meningkatkan kasus Covid-19 dan kebutuhan oksigen di rumah sakit," kata Puan. 

Ia mengingatkan agar upaya mengatasi kelangkaan oksigen ini tak hanya difokuskan kepada pasokan bagi rumah sakit mengingat banyak anggota masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing juga membutuhkan oksigen. 

"Terapi oksigen sangat dibutuhkan oleh pasien kategori berat Covid-19 yang sedang dirawat di ruang ICU untuk menjaga saturasi oksigennya. Karena itu, pasokan oksigen memang diprioritaskan untuk mereka," kata dia.

Baca Juga: Antisipasi Kekurangan, Pemerintah akan Impor Tabung Oksigen

"Tapi, perlu juga diingat bahwa ada juga masyarakat penderita Covid-19 bergejala sedang yang menjalani isolasi mandiri di rumah dan membutuhkan oksigen. Ada baiknya pemerintah mempertimbangkan untuk menyelenggarakan sentra-sentra isi ulang oksigen demi memenuhi kebutuhan mereka," tutur Puan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x