Kompas TV nasional kesehatan

BPOM Sebut Vaksin Moderna Dapat Diberikan pada Orang dengan Komorbid

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 13:54 WIB
bpom-sebut-vaksin-moderna-dapat-diberikan-pada-orang-dengan-komorbid
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito (Sumber: YouTube/Badan POM RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengungkapkan Vaksin Moderna dapat diberikan kepada individu yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

"Jadi bisa diberikan pada populasi dengan komorbid berdasarkan hasil uji klinik fase 3, yaitu individu dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit liver hati, dan HIV," kata Penny dalam telekonferensi, Jumat (2/7/2021). 

Menurut penjelasannya, Moderna merupakan vaksin yang digunakan untuk imunisasi dalam rangka pencegahan Covid-19 untuk orang berusia 18 tahun ke atas.

Vaksin ini diberikan secara injeksi intramuscular dosis 0,5 mililiter dengan dua kali penyuntikan dengan rentang waktu satu bulan.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tanpa Gejala di Ibu Hamil Tinggi, POGI Rekomendasi untuk Ikut Vaksin

"Data efikasi berdasarkan uji klinik fase 3, menunjukkan adanya 94,1 persen pada kelompok usia 18 sampai 65 tahun, dan 86,4 persen pada usia di atas 65 tahun," jelasnya. 

Berdasarkan hasil pengkajian, Penny menuturkan bahwa secara umum keamanan vaksin Moderna dapat ditoleransi, baik reaksi lokal maupun sistemik dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2.

"Dengan kejadian paling sering adalah nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot sendi. Kejadian ini umumnya didapatkan setelah penyuntikan kedua," tegas Penny. 

Sebelumnya BPOM juga telah menerbitkan EUA untuk 4 jenis vaksin lainnya. seperti Sinovac dari China, vaksin Sinovac produksi Bio Farma, vaksin AstraZeneca/Oxford, serta vaksin Sinopharm.

Namun Moderna, kata Penny merupakan yang vaksin pertama berbasis mRNA yang mendapatkan izin dari BPOM untuk dapat digunakan di Indonesia. 

Baca Juga: Indonesia Terima Bantuan 2,1 Juta Vaksin dari Jepang, Tahap Pertama 998.400 Vaksin Sudah Tiba



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x